Gamelan Tradisional Pulau Bali Gong Suling

Gamelan Tradisional Pulau Bali Gong Suling - Indahnya Pulau Bali dengan berbagai ragam kesenian yang hidup dan  berkembang di sana memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun manca belum lagi Gamelan Bali yang memiliki teknik tabuhan yang unik dengan tampilan etnik yang mempesona.

Dari sekian macam gamelan bali yang mempesona terdapat seperangkat gamelan yang memiliki tampilan sederhana dari segi komponen dan sumber melodinya yaitu Gong Suling. 

Berdasarkan sejarah, keberadaan Gamelan Gong suling ini setahun  setelah munculnya Gong Kebyar. Gong Kebyar ada semenjak tahun 1915 dan Gong suling mulai muncul pada tahun 1916. Gamelan Gong suling merupakan pengembangan dari gamelan Gong Kebyar tetapi didominasi oleh alat musik suling. 

Gamelan Tradisional Pulau Bali Gong Suling
Gamelan Gong Suling
Tetapi penyajianya Gamelan Gong suling ini memainkan gending - gending Gong kebyar dan juga menggunakan pakem gamelan Gong kebyar. Selain Pakem Gong kebyar juga menggunakan gamelan Sekar Pegulingan 7 bilah dan 5 bilah datar dan 2 nada sungsang. 

Gong suling ini muncul pertamakali dan berkembang didaerah batuan, Gianyar, Sukawati yang diciptakan oleh para seniman Pulau Bali dengan memprioritaskan fungsi suling.  

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel