Instrumen Gender Wayang Bali dan Fungsinya

Instrumen Gender Wayang Bali dan Fungsinya - Gender adalah nama dari sebuah instrumen tradisional gamelan yang berbentuk bilah (metalophone) berlaras slendro dengan jumlah bilah 10. Gender wayang digunakan untuk mengiringi pertunjukan wayang gedog. 

Keberadaan gender wayang telah menyebar di seluruh penjuru daerah Bali yang berfungsi untuk mengiringi upacara keagamaan Dewa Yadnya dan upacara Manusa Yadnya serta upacara proses pemotongan gigi (mipandes). 

Keberadaan gender wayang yang telah ada sejak abad ke 14 memiliki fungsi yang begitu luas terhadap masyarakat pulau Bali. Selain sebagai fungsi ritual religius kehidupan masyarakat Bali juga terdapat berbagai elemen yang belum terungkap. 

Instrumen Gender Wayang Bali dan Fungsinya
Lomba Gender Wayang

Gender Wayang Bali adalah musik jazz - nya pulau Bali karena dalam permainanya yang penuh dengan improvisasi. Hingga kini gender wayang Bali terus digali secara musikal dan di luar musikal dengan pendekatan secara etnomusikologi. 

Semoga bermanfaat.

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel