Nama - Nama Instrumen Gamelan Bali Semar Pegulingan

Nama - Nama Instrumen Gamelan Bali Semar Pegulingan - Seni yang terdapat di Pulau Bali sangatlah beragam mulai dari seni tari, rupa, patung dan gamelan. Sedangkan Gamelan Bali memiliki berbagai jenis perangkat yang hingga kini masih berkembang dan sering dipentaskan. Salah satunya adalah Gamelan Semar Pegulingan. 

Gamelan Semar Pegulingan adalah termasuk gamelan Madya dan berfungsi untuk menghibur para raja - raja pada zaman Dahulu. Semar = semara dan Pegulingan = peraduan) konon gamelan ini dimainkan pada malam hari pada saat raja keperaduan atau tidur. Seiring perkembanganya kini gamelan Semar Pegulingan disajikan untuk iringan tari - tarian atau teater. 

Oleh masyarakat Bali sendiri mengenal dua macam gamelan Semar Pegulingan, yaitu: 

. Semar Pegulingan yang berlaras pelog 7 nada
. Semar pegulingan yang berlaras pelog 5 nada

Berdasarkan fisiknya gamelan Semar Pegulingan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding perangkat gamelan Gong Kebyar, seperti instrumen Gangsa dan trompong gamelan Semar Pegulingan ini lebih kecil dari pada instrumen yang terdapat pada gamelan Gong kebyar. 

Nama - Nama Instrumen Gamelan Bali Semar Pegulingan

Trompong pada gamelan Semar Pegulingan memiliki peranan penting sebagai pemangku melodi. Selain itu juga berfungsi sebagai pengganti suling dalam panggambuhan dengan bantuan rebab, suling dan gender rebab serta gangsa barangan

Sedangkan intrumen Jublag dan Jegogan berfungsi sebagai pamangku lagu. Kendang berfungsi sebagai pemimpin perubahan dinamika tabuh.
Sumber: Senibaliku.wordpress.com

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel