Alat Musik Gesek Rebab Jawa

Alat Musik Gesek Rebab Jawa - Rebab adalah alat musik tradisional yang cara membunyikan dan memainkanya dengan digesek. Rebab terdiri dari dua dawai dan merupakan satu - satunya instrumen gesek yang terdapat pada perangkat atau ensamble gamelan jawa.

Sesuai dengan fungsi dalam penyajian gamelan karawitan jawa, alat musik rebab berfungsi sebagai 'pamurba lagu' (pemimpin lagu) dengan memainkan melodi yang menjadi acuan dari berbagai instrumen lagu, seperti bonang dan beberapa instrumen lain. Baca alat musik melodis.

Alat Musik Gesek Rebab Jawa

Cara membunyikan alat musik ini bisa dibilang gampang dan juga sulit karena diperlukan sebuah ketelatenan dan kesungguhan, misalnya seperti alat musik biola, untuk menghasilkan gesekan yang halus dibutuhkan banyak waktu, seperti halnya rebab yang juga memainkanya dengan digesek dengan berdasarkan notasi gending. Pada umumnya pemain rebab dalam karawitan jawa adalah para  pengrawit ahli.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel