Alat Musik (Ricikan) Demung Karawitan Jawa

Alat Musik (Ricikan) Demung Karawitan Jawa - Demung adalah ricikan gamelan yang terdapat pada seperangkat gamelan karawitan Jawa. Demung termasuk dalam pengelompokan alat musik gamelan jenis balungan, dan berbentuk bilah juga termasuk dalam alat musik tradisional perkusi bernada.   

Dalam perangkat gamelan karawitan, biasanya terdapat dua jenis demung, yaitu demung berlaras pelog dan demung berlaras slendro.  cara membunyikan demung dengan cara dipukul dengan alat pukul sejenis palu yang terbuat dari kayu. 

Fungsi demung dalam penyajian gending adalah sebagai kerangka gending. Demung ini membunyikan nada - nada sesuai dengan notasi gending yang ada tidak lebih dan irama gending yang disajikan. 

Alat Musik (Ricikan) Demung Karawitan Jawa

Contoh Notasi: 


Alat Musik (Ricikan) Demung Karawitan Jawa

Ciri - Ciri demung ini bilah lebih besar dibanding saron barung dan saron penerus, karena terdapat tiga bentuk balungan dengan rancakan (tempat gamelan terbuat dari kayu) dengan ukuran mulai dari bilah besar hingga bilah paling kecil.

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel