Babak Pertunjukan Musik Campursari

Babak Pertunjukan Musik Campursari - Lagu campursari sangat beragam mulai dari gending hingga dangdut. Lagu - lagu tersebut disajikan secara urut selama pertunjukan dari awal hingga akhir pertunjukan. Selama penyajian musik campursari terbagi menjadi tiga babak pada umumnya dan hampir menjadi panutan berbagai grup campursari.  

Babak pertunjukan musik campursari terbagi menjadi tiga bagian:

Babak I
Babak satu adalah awal dari sebuah pertunjukan dengan menyajikan gending jawa, keroncong, ataupun lagu  pop maupun pop keroncong maupun keroncong stambul yang jelas pada awal pertunjukan campursari diawali dengan sajian gending atau lagu semacamnya yang berirama cenderung halus.
Babak II
Penyajian babak ke II cenderung ke irama lebih keras dibanding pada babak I. Sedangkan Lagu - lagu yang disajikan, misalnya dangdut jawa, atau lirik lagu langgam disajikan dalam bentuk musik dangdut atau lagu bawaan campursari dari sinilah rentetan babak di mulai, jadi dalam tahap babak kedua ini lebih terkesan dinamis dan interaktif.

Babak Pertunjukan Musik Campursari
dangdutcampursarikoplo.tumblr.com
Babak III
Penyajian campursari babak tiga ini sajian lagunya juga sajian musiknya lagu dan musik populer. Pada babak ke tiga paling interaktif dibanding babak sebelumnya. Misalnya; joget antara penyanyi dengan penonton dalam satu panggung campursari dan sebagainya. Babak pertunjukan campursari dapat kita jumpai sebagai fungsi sosial.
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel