Jenis dan Fungsi Serta Keunikan Kendang Karawitan Jawa

Tags

Jenis dan Fungsi Serta Keunikan Kendang Karawitan Jawa - Kendang dalam karawitan jawa terdiri dari tiga jenis. Masing - masing kendang memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan gending yang disajikan. Tiga jenis kendang dalam karawitan tradisi terdiri dari:

a. Kendang Ageng (besar)
Kendang Ageng sesuai dengan namanya Ageng yang berarti berukuran besar, Kendang ini mempunyai keunikan dalam tabuhan atau permainan ketika menyajikan gending. Keunikan tersebut terletak pada pola tabuhan yang cenderung menekankan pada ketukan - ketukan tertentu dan nonritmis. Hal ini tentunya berbeda dengan fungsi instrumen pada musik populer. Biasanya kendang ageng di sajikan dengan ketipung.
b. Kendang Sabet
Kendang sabet berfungsi untuk mengiringi pertunjukan wayang (pakeliran) berfungsi sebagai pemimpin irama. Pola tabuhan kendang sabet cenderung keras sesuai dengan pertunjukan pakeliran sesuai dengan adegan wayang. Pola tabuhan sangat ritmis dan lebih mengedepankan kreatifitas, improvisasi dan sebagainya.  

Jenis dan Fungsi Serta Keunikan Kendang Karawitan Jawa
detik.com
c. Kendang ciblon
Kendang ciblon berfungsi menyajikan irama 'wiled'. Wiled dapat diartikan pengembangan pola tabuhan dengan kelipatan. misal mulai dari 4 ketuk, 8 ketuk dan seterusnya. Pola tabuhan kendang ritmis.
Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait