Trending Berita

Lagu Daerah Asal Indonesia Yang Mendunia

Lagu Daerah Asal Indonesia Yang Mendunia - Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah dengan berbagai macam karya seni daerah memiliki keistimewaan sendiri. Keistimewaan tersebut tercermin pada pertunjukan seni yang membawakan lagu - lagu daerah asal Indonesia yang berupa orkestra maupun paduan suara. Apa saja Judul lagu - lagu daerah tersebut? Berikut daftar lagu daerah Indonesia yang terkenal sampai Mancanegara. 

Lagu Daerah Asal Indonesia Yang Mendunia

1. Soleram
Soleran adalah lagu asli daerah Riau seperti lagu daerah lainya dengan lirik lagu pendek dan sederhana. Lagu Soleram menceritakan tentang cinta dan persahabatan. 

Lirik Lagu Soleram:

Soleram Soleram Soleram
Anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merah lah pipinya

2. Ampar - ampar Pisang
Lagu ampar - ampar pisang adalah lagu yang berasal dari daerah Kalimantan Selatan yang diciptakan oleh inspirasi rutinitas masyarakat setempat yang ketika itu membuat rimpi dari pisang. Pencipta lagu Ampar - ampar pisang adalah Hamiedan AC.

Ampar - ampar pisang memiliki arti, Ampar yang berarti susun, dimaksudkan lagu ampar - ampar pisang pisang disusun dan dibiarkan hingga matang dan selanjutnya dijemur dengan bau yang khas. Hewan kecil yang terbang dan mengerubuti pisang disebut bari - bari, hewan kecil terbang ini mengerubuti pisang yang diampar. 

Lirik lagu Ampar - Ampar Pisang:

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak bigi di hurung bari-bari
Masak bigi di hurung bari-bari


3. Anak Kambing Saya
Lagu daerah Anak Kambing Saya berasal dari Nusa Tenggara Timur yang menceritakan kisah orang tua yang mencari anak kesayanganya dan menggambarkan persahabatan seorang anak. Lagu ini juga telah terkenal hingga Mancanegara. 

Lirik Lagu Anak Kambing Saya:

Mana dimana anak kambing saya
Anak kambing tuan ada di pohon waru
Mana dimana jantung hati saya
Jantung hati tuan ada di kampung baru


4. Potong Bebek Angsa
Lagu daerah Potong Bebek Angsa berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur dan memiliki banyak makna. Lagu ini berkesan riang dan cocok bagi anak - anak. 

Lirik Lagi Potong Bebek Angsa:

Potong bebek angsa, masak di kuali
Nona minta dansa, dansa empat kali
Sorong ke kiri, sorong ke kanan
Sorong ke kiri, sorong ke kanan
La la la la la ...

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel