Mengenal Alat Musik KOTO Jepang

Mengenal Alat musik KOTO Jepang - KOTO adalah alat musik tradisional asal Jepang dan merupakan salah satu alat musik istana. Alat ini masuk ke Jepang mulai abad ke 7. Sedangkan Bentuk alat musik KOTO  hampir menyerupai kecapi di Indonesia.

Sejak abad ke 17 alat musik KOTO mengalami kejayaanya, sehingga muncul maestro pemain KOTO dan pencipta "HACHIDAN yang terdiri dari 8 babak dan MIDARE atau berirama lepas YATSUHASHI KENGYO dan menciptakan dengan pakem dasar SOKYOKU yang merupakan lagu-lagu KOTO.
Alat musik KOTO ini dimainkan secara tunggal dan tanpa iringan alat musik lain dan hanya terdiri dari 5 nada. Nada - nada pada alat musik KOTO juga menyerap dari berbagai tangga nada dan menghasilkan irama yang berbelit.

Mengenal Alat Musik KOTO Jepang

Nada dasar yang paling banyak di sukai rakyat Jepang adalah SOKYOKU dan diakui sebagai musik rakyat Jepang. Selain itu YO-ONKAI dengan nada yang relatif riang,  YATSUHASHI KENGYO dengan karyanya “HIRAJOSHI” dalam tangga nadanya menggunakan “mi fa la si do" semitone dasar. 

Nada “IN-ONKAI” ini lebih sendu dan menggugah emosi dan masyarakat Jepang sering terharu dengan mendengarkan musik tersebut. 

Pencipta SOKYOKU YATSUHASHI KENGYO  meninggal dunia pada tahun 1685.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel