Mengenal Erhu Alat Musik Tradisional Tiongkok

Mengenal Erhu Alat Musik Tradisional Tiongkok  - Erhu juga disebut "hu-qin 胡 琴" alat musik yang ada sejak dinasti Tang. Alat musik Erhu cara membunyikanya dengan cara di gesek atau termasuk alat musik gesek.

Alat musik Erhu pertama kali tersebar di wilayah Tiongkok utara dan lazim disebut xi-qin 奚琴". xi-qin 奚琴" sendiri berasal dari Korea dengan dua buah senar dan berkembang menjadi erhu.
Keunikan Erhu ini menonjolkan irama panjang serta mengalun dari bunyi senar dan cocok sebagai representasi irama sedih seperti terdapat pada lagu : 
  • "Jiang he shui 江河水" 
  • "Erquan yingyue - 二泉映月"
  • "Jinshe kuangwu – 金蛇狂舞 (tarian golden snake)"
Pada zaman Tang terdapat naskah kuno sering dijumpai kata "hu-qin 胡琴", Qin (琴) adalah sebutan untuk semua alat musik yang menggunakan senar atau dawai. Dalam budaya Tionghoa klasifikasi alat musik tidaklah dari cara memainkan tetapi dari bahan yang digunakan.

Mengenal Erhu Alat Musik Tradisional Tiongkok

Terdapat 8 macam bahan yang disebut dengan Pat Iem/Ba-yin 八音.Sebutan umum bagi orang diluar Tionguan adalah "hu" 胡. Huqin memiliki banyak ragam bentuk serta bunyi, misalnya "Ma tou qin (qin kepala kuda)" yang dipakai di Mongolia hingga sekarang. Sedangkan untuk pengiring lakon opera disebut jinghu京胡. Yue (越) dan gaohu 高胡 pengiring musik khas daerah. 

Pada masa dinasti Qing setelah kekaisaran Qianlong turun tahta adalah masa erhu dilarang atau dimainkan atau dianggap tabu. Qianlong kemudian digantikan oleh anaknya Kaisar era Jiaqing dan kaisar yang terdahulu mendapat gelar "Taishangwang". Terkait dengan erhu dianggap dua senar adalah ayah dan anak (erxian). 

Erhu dianggap tabu dan haram dimainkan karena menurut kepercayaan mereka jika alat musik tersebut salah satu senarnya putus, ia bisa celaka yang kemudian dicabut oleh masa akhir dinasti Qing.

Demikian Mengenal Erhu Alat Musik Tradisional Tiongkok, Semoga bermanfaat.

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel