Mengenal Seni Karawitan Jawa

Tags

Mengenal Seni Karawitan Jawa - Seni karawitan adalah seni tradisional yang terdapat di daerah jawa. Sesuai dengan judul 'Seni Karawitan Jawa' yang dimaksud adalah seni karawitan yang terdapat di Jawa Tengah khususnya, karena seni dengan properti gamelan yang terdapat didaerah tertentu selain Jawa Tengah juga dapat disebut seni karawitan.
Seni karawitan yang terdapat di Jawa Tengah merupakan seni tradisional yang tumbuh dan berkembang di Jawa Tengah. Menurut sejarah awal seni karawitan, keberadaan gamelan tidak seperti sekarang ini. Gamelan telah mengalami perkembangan pesat. 

Perkembangan alat musik gamelan tersebut misalnya pada alat musik (ricikan) gender, konon ricikan (instrumen gamelan) gender jumlah bilahnya tidak sebanyak sekarang ini dan hanya terdiri beberapa bilah saja.

Mengenal Seni Karawitan Jawa

Sistem Nada gamelan disebut 'laras'. Laras yang digunakan pada gamelan adalah slendro dan pelog. Kedua laras tersebut memiliki perbedaan pada sistem nada atau jarak nadanya.  Ensamble (perangkat gamelan) karawitan sebagian besar adalah musik perkusi bernada maupun tidak bernada. 

Mengenal Seni Karawitan Jawa

Fungsi Seni Karawitan 
Fungsi karawitan dikelompokan menjadi dua, yaitu: fungsi musikal dan fungsi sosial. 
Fungsi musikal adalah karawitan untuk musik itu sendiri, dan fungsi sosial adalah seni karawitan untuk berbagai kepentingan sosial.

Sajian Seni Karawitan
Dalam penyajianya seni karawitan menyajikan gending dan vokal. Gending karawitan dapat diartikan keseluruhan garap (tabuhan) ricikan (instrumen).
Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait