Alat Musik (Ricikan) Bonang Karawitan Jawa

Alat Musik (Ricikan) Bonang Karawitan Jawa - Bonang adalah alat musik yang terdapat dalam karawitan jawa yang memiliki dua jenis pencon. Alat musik bonang termasuk dalam alat musik pencon (lingkaran menonjol) pada bagian tengah seperti bentuk gong tetapi berukuran lebih kecil. 

Satu Pemain atau penabuh bonang barung maupun bonang penerus memainkan dua laras bonang, yaitu bonang slendro dan pelog. Cara membunyikan bonang dengan cara dipukul dengan menggunakan dua alat tabuh. Bonang termasuk ke dalam alat musik perkusi bernada.
Bentuk seperti alat musik bonang juga terdapat di daerah lain di Indonesia. Bonang sendiri dalam karawitan jawa terdiri dari dua jenis, yaitu: bonang barung dan bonang penerus. Kedua jenis bonang tersebut mempunyai susunan nada yang sama tetapi ukuran  yang membedakan kedua jenis bonang barung dan penerus adalah ukuran instrumen.
Fungsi Bonang 
Fungsi bonang barung adalah sebagai pembuka (buka gending bonang) dan sebagai 'pemangku lagu' (mendahului nada yang akan ditabuh oleh balungan), sehingga pola tabuhan bonang barung dapat dijadikan sebagai acuan tabuhan kelompok alat musik 'balungan' (demung, saron, slentem). 

Berikut ini contoh tabuhan bonang barung dan penerus dalam bentuk gending lancaran:
Alat Musik (Ricikan) Bonang Karawitan Jawa
Alat Musik (Ricikan) Bonang Karawitan Jawa
www.surya-aji.org
Seperti yang tampak pada gambar notasi pola tabuhan bonang barung dengan bonang penerus dalam 4 ketukan dua banding tiga tabuhan. Jadi, bonang penerus mengisi pada setiap kekosongan ketukan bonang barung atau mengembangkan tabuhan bonang barung. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel