Pertunjukan dan Bentuk Penyajian Musik

Pertunjukan dan Bentuk Penyajian Musik - Pertunjukan musik adalah suatu sajian fenomena bunyi dalam bentuk musik berkualitas yang dapat didengar atau dinikmati oleh manusia. Adapun pendapat tentang pertunjukan musik, bahwa musik memiliki jiwa, pikiran, hati serta kerangka yang berfungsi sebagai penyangga tubuh layaknya seorang manusia. 

Pertunjukan musik adalah wujud dari suatu budaya yang terlahir dari perasaan atau sebuah ungkapan yang berbentuk ucapan. Penyajian suatu karya musik mampu menimbulkan daya tarik ketika disajikan dalam waktu yang tepat dan juga mampu untuk menimbulkan kepuasan batin, perasaan senang dan gembira.

Pertunjukan dan Bentuk Penyajian Musik
Bentuk Penyajian Musik 

Penyajian karya musik terbagi menjadi beberapa kelompok antara lain: 

1. Penyajian Musik Tunggal
Penyajian musik tunggal adalah bentuk penyajian musik oleh seorang musisi yang memainkan alat musik tertentu, misalnya alat musik gitar tunggal, piano tunggal, organ tunggal, biola tunggal dan sebagainya. 

2. Penyajian Kelompok Musik Terbatas
Penyajian kelompok musik terbatas adalah musik seriosa yang disajikan secara duet, trio, kuartet atau kuintet dengan kelompok alat musik terbatas. Penyajian musik seperti ini lebih terkesan formal. 

3. Penyajian Musik Orkestra
Penyajian Musik Orkestra diperlukan ruang yang cukup besar karena pertunjukan musik orkestra meski bersifat formal lebih banyak yang hadir dengan jumlah besar misalnya pertunjukan orkestra besar seperti philarmoni, orkes simfoni atau sejenisnya. 

4. Penyajian Musik Elektrik
Penyajian musik elektrik ini adalah bentuk penyajian musik dengan alat musik elektrik yang berkekuatan tinggi. Penyajian musik elektrik ini dapat dipentaskan di ruangan tertutup maupun terbuka seperti kelompok band ternama yang dikunjungi oleh ribuan orang. Penyajian musik seperti ini tidak formal. 

Semoga bermanfaat.

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel