Trending Berita

Siter Alat Musik Tradisional Karawitan Jawa

Siter Alat Musik Tradisional Karawitan Jawa - Siter adalah alat musik tradisional karawitan Jawa yang cara membunyikan dengan cara dipetik dengan ibu jari. Bentuk siter yang biasa digunakan dalam karawitan satu alat musik siter terdiri dua laras pelog dan slendro dan inilah keunikan alat musik siter. 

Dua laras dalam satu alat musik, Dari segi bentuk siter berbentuk persegi panjang dan mempunyai lebar dan dua penyangga tetapi bentuk siter sekarang sesuai para perkembangan zaman mulai beragam, permukaan satu untuk laras slendro dan permukaan yang lain berlaras pelog. Setiap permukaan terdapat dawai (senar) sejumlah 11 sampai 13 dawai. Dawai - dawai tersebut di stem terlebih dahulu sesuai dengan laras slendro dan pelog. 

Selain siter dalam karawitan jawa juga terdapat alat musik petik yang disebut 'celempung'. Bentuk celempung persegi panjang terdiri empat penyangga (kaki) dan warna suara yang dihasilkan lebih rendah wilayah nadanya satu oktaf 'stelan' siter. 

Siter Alat Musik Tradisional Karawitan Jawa

Secara Etimologi 'siter' berasal dari bahasa Belanda "citer" dan  Bahasa Inggris "zither" (sumber: Wikipidia.org). 

Sedangkan Teknik membunyikan siter yaitu dengan cara satu ibu jari tangan kanan untuk memetik jari dibawah dawai, ibu jari tangan kiri untuk menahan bersamaan dengan jari - jari yang posisinya diatas dawai agar bunyi yang dihasilkan jernih. Alat musik siter maupun celempung dalam penyajianya menggunakan pola tabuhan cengkok siter dan mengacu notasi gending. 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel