4 Tahap Awal Berkarya Seni Rupa

4 Tahap Awal Berkarya Seni Rupa - Tahap pembuatan karya seni rupa terdiri dari empat tahap dan menghasilkan bentuk karya baru bernilai artistik dan estetik karya seni rupa tiga dimensi yang telah ditentukan oleh pencipta.

Karya seni rupa tiga dimensi dengan empat tahap berikut bersumber dari daerah setempat dan memiliki nilai fungsi atau guna dalam kehidupan sehari - hari. Berikut ini beberapa tahap yang diperlukan dalam berkarya dalam membuat benda seni antara lain: 

Membentuk 
Membentuk berawal dari ide dan gagasan dalam berkarya seni berwujud tiga dimensi yang memiliki nilai indah dengan media atau bahan tertentu. Cara membuat bentuk karya seni rupa, yaitu: memutar, analitik konstruksi. Konstruksi adalah cara membuat karya seni rupa dengan ketrampilan. 

Media atau Bahan Pembentuk 
Media dan bahan pembentuk pada umumnya terbuat dari bahan elastis atau lunak. Media bahan pembentuk karya seni rupa antara lain: tanah liat, gips, bubur kertas, plastisin. Sedangkan alat yang digunakan adalah tangan, alas papan, alat putar atau kayu pipih.Alat pembentuk semacam ini biasanya digunakan dalam pembuatan gerabah.

Kaolin atau tanah liat Cina yang berwarna putih dan tidak berubah walau melalui proses pembakaran. 

4 Tahap Awal Berkarya Seni Rupa

Wujud Karya Seni Membentuk 
Wujud kaya seni contohnya peralatan rumah, kerajinan keramik atau gerabah, batu bata perkakas batu dan sebagainya. 

Teknik Membentuk 
Membentuk adalah termasuk teknik berkarya seni rupa yang berfungsi untuk mendapatkan hasil karya bernilai estetis melalui ketrampilan seniman dengan media bahan serta alat pembentuk. Misalnya diperlukan cetakan untuk membentuk alat cor, juga penggores, pisau sudip dan sebagainya.

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel