Definisi Estetis Dan Unsur Estetis Karya Seni

Definisi Estetis Dan Unsur Estetis Karya Seni - Estetis adalah suatu nilai keindahan yang terdapat atau melekat dalam suatu karya atau obyek seni. Contohnya dalam karya sastra nilai estetisnya bisa dilihat dari bentuk rima, diksi dan gaya bahasanya. (Alfi Irsyad dkk: 2015). 

Sedangkan pengertian dalam seni rupa adalah nilai keindahan yang terkandung dalam suatu karya seni, misalnya lukisan, patung dan benda hias dan sebagainya. (Drs.Sri Murtono dkk: 2007).

Estetis sering dijumpai dalam istilah karya seni yang digunakan untuk menyatakan berbagai keindahan seni, sastra maupun keindahan alam. 

Misalnya gerakan pada seni tari dengan gerakan yang indah dan senang menyaksikan. Contoh dalam seni musik misalnya orang rela berdesakan melihat pertunjukan konser musik, dengan begitu para penonton menemukan unsur estetis atau keindahan didalamnya. Penggunaan estetis ini misal perasaan estetis, unsur estetis, pengalaman estetis dan sebagainya. 
Definisi Estetis Dan Unsur Estetis Karya Seni

Unsur estetis dalam karya seni adalah nilai keindahan yang terdapat dalam karya seni. Terdapat empat prinsip dalam menentukan nilai keindahan, yaitu: 

- Kesatuan
- Keselarasan
- Keseimbangan, dan 
- Kontras

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel