Home » » Pengertian/Definisi Seni Budaya Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian/Definisi Seni Budaya Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

Pengertian/Definisi Seni Budaya Dan Menurut Para Ahli - Seni budaya identik dengan seni yang terdapat dan kebudayaan daerah. Dua kata seni dan budaya adalah kata saling berkaitan yang mengandung satu arti. Seni dan budaya merupakan kebudayaan yang memiliki nilai seni indah. 

Seni budaya adalah hasil ciptaan manusia serta tentang cara hidup serta berkembang dan bersama dalam suatu kelompok dan memiliki nilai atau unsur keindahan. 

Pengertian Seni Budaya secara harfiah adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia  dan memiliki unsur keindahan serta mampu membangkitkan perasaan orang lain. 

Pengertian/Definisi Seni Budaya Dan Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli

Sedangkan Pengertian Seni Budaya menurut para Ahli adalah sebagai berikut: 
  • Aristoteles: seni merupakan bentuk serta penampilan dan pengungkapanya menyimpang dari kenyataan. Seni adalah meniru alam. 
  • Ki Hajar Dewantara: Seni adalah hasil keindahan yang bisa menggerakan perasaan indah bagi orang yang melihatnya, sehingga perilaku manusia mampu mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah adalah seni. 
  • Hillary Bel: Karya seni adalah suatu istilah yang bisa menggugah hati siapa saja yang melihat dan mencari tahu siapa penciptanya. 
  • Sudarmadji : seni adalah manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan media garis, bidang, tekstur, warna, volume dan gelap terang. 

Pengertian Budaya
Budaya berasal dari bahasa sansekerta "buddhayah" (bentuk jamak dari buddhi yang berarti akal atau budi) berkaitan dengan akal dan budi manusia.

Budaya mencakup berbagai unsur yaitu:
. Sistem politik
. Agama
. Adat istiadat
. Pakaian
. Bahasa
. Perkakas
. Karya seni dan
. Bangunan

Dari unsur tersebut Budaya dapat diartikan cara hidup dan dapat berkembang secara bersama pada suatu kelompok orang secara turun - temurun dari generasi ke generasi.

Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli:

. Andreas Eppink: Kbudayaan mengandung bentuk dari seluruh pengertian nilai sosial, norma dan ilmu pengetahuan serta struktur religius.

. C. Kliucckhohn: Sistem peralatan teknologi, sistem pengetahuan, sistem pencaharian hidup, bahasa, kesenian serta sistem organisasi kemasyarakatan, sistem religi dan upacara keagamaan.

. Edward Burnet Tylor: Keseluruhan dari yang kompleks di dalamnya terkandung kepercayaan, kesenian, moral, adat istiadat, pengetahuan, hukum kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Semoga bermanfaat. 
Thanks for reading Pengertian/Definisi Seni Budaya Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »