Bahan Dan Peralatan Berkarya Seni Ukir Kayu

Bahan Dan Peralatan Berkarya Seni Ukir Kayu - Dalam berkarya ragam hias berbahan kayu terdapat beberapa bahan dan peralatan diantaranya: 

Bahan: bahan yang digunakan untuk membuat karya seni ragam hias seni ukir kayu adalah kayu yang bersifat keras dan mempunyai serat lembut, misal: mahoni, nangka, jati dan kayu lainya. 

Peralatan: Peralatan yang digunakan untuk membuat benda hias maupun benda pakai banyak ragamnya dengan menggunakan peralatan dasar, misal gergaji, pahat, meteran, pensil, serut, penggaris dan siku. Beberapa peralatan untuk mengukir misal: berbagai jenis pahat ukir, palu kayu.

Bahan Dan Peralatan Berkarya Seni Ukir Kayu

Jenis Pahat ukir jenis pahat ukir yang digunakan untuk membuat ukiran diantaranya: 
  • Penguku (Pahat kuku) bentuk mata pahat yang melengkung sehingga pahat ini disebut pahat kuku.Fungsi pahat kuku digunakan untuk membentuk bagian yang melengkung, membentuk cekung, melingkar dan cembung.   
  • Penyilat (Pahat lurus) Bentuk mata pahat lurus dan digunakan untuk membentuk bagian - bagian permukaan yang lurus, datar serta rata dan berfungsi untuk membuat dasaran juga membentuk siku - siku pada bagian tepi ukiran dengan ukuran mata 2 mm hingga 3 cm. 
  • Pahat kol (1/2 bulatan): Pahat ini berbentuk melengkung belahan setengah bulatan, dan digunakan untuk memahat bagian melengkung yang tidak dapat dipahat dengan pahat kuku. Pahat kol dibagi menjadi dua macam, yaitu: 
    -  Pahat kol datar berbentuk permukaan datar dan punggung cembung.
  - Pahat kol suru berupa permukaan cekung dan punggung cembung serta mempunyai ukuran bervariasi mulai dari 0,5 cm - 1,5 cm. 
  • Pangot (Pahat miring) pahat miring berbentuk miring dan meruncing dan tajam sebelah. Pahat ini berfungsi untuk menyempurnakan bentuk ukiran dan merapikan ukiran serta membersihkan sudut atau sela - sela ukiran. Pahat pangot berukuran 0,8 cm - 1,5 cm. 
  • Palu (Gandhen): Palau merupakan alat untuk mengukir dengan berat 300 gram sampai 500 gram.  Bahan untuk membuat gandhen menggunakan kayu pilihan yang bersifat keras dan ulet. 
  • Pethel: alat mengukir yang berbentuk seperti cangkul berukuran lebih kecil. Pethel digunakan untuk meratakan permukaan kayu atau menguliti kayu. 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel