Home » , » Cara Mudah Bernyanyi Dengan Teknik Vokal

Cara Mudah Bernyanyi Dengan Teknik Vokal

Cara Mudah Bernyanyi Dengan Teknik Vokal - Secara umum atau orang awam organ tubuh yang digunakan ketika bernyanyi adalah mulut jawaban yang tidak salah. Organ mulut yang digunakan diantaranya: bibir dan lidah mempunyai peranan yang sangat vital untuk bernyanyi, akan tetapi masih banyak organ tubuh yang berperan untuk bernyanyi yang berfungsi untuk menghasilkan teknik bernyanyi yang handal. Organ yang digunakan dalam teknik vokal diantaranya: Organ Penggerak, Organ penggetar, Alat ucap (artikulasi) dan Resonator.

Organ Penggerak berfungsi untuk mendorong dan menggerakan pita suara sehingga pita suara bergetar dan menghasilkan suara. Berikut ini beberapa organ penggerak untuk bernyanyi: 

. Paru - Paru
Dalam aktifitas pernafasan paru - paru berfungsi untuk menghirup udara mendapatkan oksigen dan sisanya dikeluarkan melalui tenggorokan dan hidung. Pita suara yang bergetar dari hembusan udara dan dimanfaatkan untuk menghasilkan suara. 

Paru - paru memiliki kapasitas yang mempengaruhi panjang pendeknya suara, sehingga jika menginginkan jangkauan suara yang panjang, maka harus melatih organ paru - paru dalam bernyanyi yang disebut dengan latihan pernafasan. 

Cara Mudah Bernyanyi Dengan Teknik Vokal

. Laring (Pangkal Tenggorok)
Laring terdapat dekat dengan jakun dan merupakan organ tempat pita suara yang menghasilkan suara. Pita suara akan membuka, mengerut dan merentang serta menutup yang terkoordinasi dengan rongga mulut dan hidung, bila terkena sentuhan udara hembusan dari paru - paru. Laring sangat penting bagi pita suara. 

. Faring (Batang Tenggorok)
Faring adalah penghubung rongga mulut dan rongga hidung serta sangat rentang dengan gangguan udara. Akan menimbulkan rasa gatal dan dan lendir serta menimbulkan radang sebab organ ini sangat rentang dengan gangguan udara. 

Kebersihan organ dari lendir akan menghasilkan suara yang merdu. Gurah adalah cara membersihkan faring dari lendir yang mengganggu aliran udara  ketika bernyanyi. Tonsil (Anak tekak) yang terdapat pada ujung atas faring berfungsi untuk menghasilkan nada - nada tinggi. 

. Diafragma (Sekat Rongga Dada)
Otot besar yang melintang diantara pada rongga dada dan perut inilah yang disebut dengan diafragma dan berfungsi mengatur kerja paru - paru secara otomatis. Gerakan diafragma memberikan kesempatan mengembang dan mengempis terhadap Rongga dada. Diafragma kaitanya dengan teknik bernyanyi berfungsi untuk memperbesar kapasitas paru - paru. 

Semoga bermanfaat. 
Thanks for reading Cara Mudah Bernyanyi Dengan Teknik Vokal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »