Cara Mudah Menentukan Frekuensi Nada Diatonis

Cara Mudah Menentukan Frekuensi Nada Diatonis - Nada diseluruh dunia mempunyai frekuensi yang sama dan bersifat tetap serta mempunyai jarak ketinggian yang teratur. Berikut ini bunyi - bunyi dengan berdasarkan frekuensi, diantaranya:

--> Frekuensi 20 Hz sampai 20.000 Hz dapat didengarkan manusia normal disebut dengan audiosonik.
--> Bunyi dibawah frekuensi 20 Hz disebut dengan infrasonik
--> Bunyi diatas 20.000 Hz disebut dengan ultrasonik

Kedua bunyi infrasonik dan ultrasonik tidak dapat ditangkap oleh indra pendengaran manusia.

Nada yang digunakan dalam musik yang indah hanyalah sebagian saja yang diambil dari sekian banyak nada yang dapat didengar manusia. Frekuensi nada 440 Hz digunakan dalam musik tetapi nada yang berfrekuensi 441 Hz, 442 Hz dan 443 Hz sampai 465 Hz tidak digunakan dan nada berfrekuensi 466 Hz sebagai nada terdekat dengan nada sebelumnya.

Oktaf merupakan tangga nada yang paling banyak digunakan dalam sistem tangga nada diatonis yang terdiri dari tujuh nada. Tangga nada diatonis merupakan kebudayaan barat dan telah ada sejak berabad - abad.

Perkembangan nada diatonis yang mulanya hanya tujuh nada berkembang menjadi dua belas nada dalam satu oktaf. Sedangkan dalam sistem tangga nda pentatonis dalam satu oktaf lebih dari dua belas nada bahkan mencapai dua puluh lima nada.

Tangga nada dibentuk dengan susunan paling rendah hingga nada yang paling tinggi dan jangkauan nada adalah nada yang dapat dijangkau oleh suara manusia atau alat musik, misal pada alat musik piano dengan jangkauan lebih dari tujuh oktaf dan jangkauan antara Suara laki - laki dan perempuan berbeda satu oktaf.

Untuk memudahkan sistem tangga nada frekuensi nada ditetapkan dengan aturan tertentu, yang berfungsi untuk memudahkan sistem tangga nada. Nada A pada sistem tangga nada natural ditulis dengan lambang 6 (la) yang berfrekuensi 440 Hz, dan garputala adalah alat yang digunakan sebagai patokan untuk membidik nada, Frekuensi garputala adalah tetap dan setinggi dengan nada A (la) natural.

Apabila nada A adalah 440 Hz berapa nada lainya? Berikut ini cara menentukan berpatokan dengan perbandingan interval adalah sebagai berikut:

Cara Mudah Menentukan Frekuensi Nada Diatonis

Dengan perbandingan tersebut, maka kita dapat mengetahui frekuensi nada lain, misal kita akan menentukan berapa frekuensi nada C? Berikut cara mengetahui frekuensi nada C.

Diketahui frekuensi nada A = 440 Hz
Perbandingan intervalnya nada C dan A --> C = 24 dan A = 40, maka C:A (24: 40).

C: 440  = 24 : 40

40C     = 440 x 24

C       = (440 x 24) : 40
        = 264 Hz

Jadi,frekuensi nada C adalah 264 Hz.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel