Home » , » Konsep Musik Dan Definisi Musik Menurut Para Ahli

Konsep Musik Dan Definisi Musik Menurut Para Ahli

Konsep Musik Dan Definisi Musik Menurut Para Ahli - Konsep musik  menurut peninggalan arkeologis telah ada sejak zaman Sumeria (5000 SM). Seni musik telah ada dan dikenal sejak zaman purba dan berbeda dengan seni rupa, seni tari atau seni yang dinikmati dengan indra penglihatan, Seni musik dinikmati dengan indra audial dari keindahan bunyi yang dihasilkan. 

Kindahan musik yang indah dan menggugah rasa inilah banyak para ahli mendefinisikan musik. Pada zaman dulu musik digunakan untuk mengiringi upacara ritual para Dewa, sehingga musik dianggap "Bahasa para Dewa". Berikut ini pendapat para ahli tentang definisi musik. 

Konsep Musik Dan Definisi Musik Menurut Para Ahli

. David Ewen musik merupakan ilmu pengetahuan serta seni kombinasi ritmik dari nada, instrumental dan vokal yang meliputi melodi serta harmoni yang merupakan ekspresi dari segala sesuatu yang diungkapkan terutama pada aspek emosional. 

. Scophenhauer (filsuf Jerman abad ke - 19) menurut pendapatnya musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta. 

. Dello Joio asal Amerika bahwa mengenal musik dapat memperluas pengetahuan dan pandangan dan mengenal lain di luar musik. Rasa penghargaan nilai seni akan tumbuh dengan pengenalan terhadap musik. Selain juga menyadari adanya dimensi lain yang terdapat di luar suatu kenyataan  yang tersembunyi. 

. Suhastjarja (Dosen ISI Yogyakarta) menurutnya 

"Musik adalah  ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk  suatu konsep pemikiran yang bulat yang berwujud nada - nada atau bunyi yang ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang dan waktu dan dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam lingkungan hidupnya serta dapat dimengerti dan dinikmati". 

Bentuk musik yang sifatnya spasial sehingga dapat disejajarkan dengan bentuk seni sastra, bila seni sastra ditulis dalam bentuk horizontal maka bentuk musik akan ditulis dalam bentuk vertikal dan horizontal. Horizontal dalam musik menunjukan awal dan akhir serta dimensi waktu dan arah vertikal menunjukan harmoni atau dimensi akustik musikal". 

Seni musik dapat dirumuskan melalui para pendapat ahli bahwa seni merupakan kombinasi ritmik nada, vokal maupun instrumental yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi atau ungkapan rasa indah manusia. 

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Konsep Musik Dan Definisi Musik Menurut Para Ahli

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »