Home » , » Mengenal Garis Paranada Teknik Dasar Membaca Not Balok

Mengenal Garis Paranada Teknik Dasar Membaca Not Balok

Mengenal Garis Paranada Teknik Dasar Membaca Not Balok - Untuk bisa membaca not balok hampir menjadi idaman semua orang yang nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam musik. Sebelum belajar membaca not balok dengan mahir tentunya kita pelajari dulu apa dan seperti apa not balok yang akan kita pelajari. 

Not balok adalah penulisan notasi pada garis paranada. Garis paranada adalah 5 garis sejajar sama panjang dan sama sisi, yang terdiri dari 5 garis dan 4 spasi. Istilah dalam musik disebut dengan "staff". 

Mengenal Garis Paranada Teknik Dasar Membaca Not Balok

Seperti yang tampak pada gambar garis dan spasi hitungan mulai dari garis bawah ke atas. Garis - garis tersebut nantinya digunakan untuk meletakan notasi atau tanda. 

Pada penulisan not "clef" ditulis di awal staff atau disebut dengan tanda kunci. Terdapat tiga kunci atau klef yang digunakan dalam penulisan not balok, yaitu kunci G, F dan C. Kebanyakan untuk penulisanya menggunakan kunci G dan F.

Perhatikan penulisan not berikut ini:

Mengenal Garis Paranada Teknik Dasar Membaca Not Balok

Kunci G adalah menunjukan letak not G yang terdapat pada garis paranada yaitu pada garis kedua. 

Berikut ini penjelasan tentang kunci pada garis paranada:

Kunci G
Sedangkan kunci G fungsinya untuk menulis notasi vokal, instrumen atau alat musik: saxophone, biola, gitar, flute sopran,alto, paduan suara dan sebagainya. 

Mengenal Garis Paranada Teknik Dasar Membaca Not Balok , kunci g not balok

Kunci C
Letak serta nama not yang terdapat pada kunci C yang tampak pada gambar digunakan untuk menulis notasi vokal/ instrumen viola dengan rentang nada tengah. Kunci C juga disebut dengan kunci viola. 
kunci C pada not balok

Kunci F
Letak dan bentuk kunci F seperti yang tampak pada gambar digunakan untuk menulis notasi dengan instrumen dan vokal dengan rentang nada rendah, contohnya gitar bass, trombone, tuba, bass tenor, double bass dan paduan suara. 

kunci f not balok pada garis paranada

Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Mengenal Garis Paranada Teknik Dasar Membaca Not Balok

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »