Home » , » Mengenal Nada Teknik Dasar Membaca Not

Mengenal Nada Teknik Dasar Membaca Not

Mengenal Nada Teknik Dasar Membaca Not - Kemampuan membidik nada merupakan hal yang sebaiknya dimiliki oleh seseorang dalam aktivitas bernaynyi, sehingga dapat bernyanyi dengan baik. Kemampaun membidik nada juga disebut dengan "pitch control" dengan menguasai tinggi rendahnya nada dan lebih baik lagi jika mampu membaca not yang biasanya digunakan untuk penulisan lagu. 

Bunyi dalam musik adalah sesuatu yang sangat mendasar, karena seni musik sangat erat hubunganya dengan bunyi dan merupakan unsur paling penting karena musik identik dengan Bunyi. Bunyi yang indah yang kita dengar tentu membuat kita nyaman. Tetapi berbeda dengan bunyi yang mengerikan  yang membuat manusia tidak nyaman seperti berada dibawah ancaman. 

Manusia dibekali dengan indra yang dapat memilah - milah bunyi dan memusatkan pada bunyi yang menarik saja dan bunyi yang tidak menarik di abaikan. 

Seni musik terdiri dari berbagai macam warna bunyi dan berusaha untuk merangkai dengan struktur nada sehingga membentuk sistem tertentu. Struktur nada tersebut didasarkan pada "pitch" atau tinggi rendah nada, "dinamik" atau kuat lemahnya nada, "Timbre" atau warna nada.

Bunyi dalam ilmu fisika dijelaskan getaran yang dihasilkan oleh suatu benda dan tinggi rendahnya nada di tentukan oleh jumlah getar tiap detik yang disebut dengan frekuensi. Benda yang rendah frekuensi getarnya maka semakin rendah nada yang dihasilkan dan begitu juga untuk frekuensi nada tinggi. Misalkan dua buah nada berbeda tinggi maka bunyi yang dihasilkan akan berbeda pula jika dibunyikan secara bersama - sama hal ini berhubungan dengan interval nada.

Interval nada adalah jarak nada satu dengan yang lain, apabila nada yang beda tinggi rendahnya dibunyikan secara bersamaan tetapi kedengaran nadanya sama berarti nada tersebut dipisahkan dengan interval sejauh satu oktaf demikian seterusnya. 

Mengenal Nada Teknik Dasar Membaca Not

Semoga bermanfaat. 
Thanks for reading Mengenal Nada Teknik Dasar Membaca Not

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »