Penerapan Ragam Hias Motif Pada Media Bahan Kayu

Penerapan Ragam Hias Motif Pada Media Bahan Kayu - Ragam tersusun oleh sekumpulan motif hias yang menyusun pola hias, sedangkan sekumpulan pola hias merupakan penyusun dari ragam hias. Pola hias dapat diterapkan pada media kayu berupa dua atau tiga dimensi, sehingga dapat berupa menggambar, mengukir ragam hias dan menempel ragam hias. 

Kaidah penyusun digunakan sebagai rujukan dari jenis - jenis ragam hias, misalnya motif binatang, motif geometris, motif manusia, motif tumbuhan dan motif benda alam. 

Penerapan Ragam Hias Motif Pada Media Bahan Kayu

Penerapan Ragam Hias Motif Pada Media Bahan Kayu

Gambar seperti yang tampak diatas adalah motif ragam hias dengan motif Majapahit yang berupa lung ukel serta daun angkup (menelungkup pada lung pokok). Pada beberapa bagian atas kanan dan kiri tumbuh daun terubusan atau semen. Peyusunanya secara berderet atau berulang mengikal ke kanan dan ke kiri serta simetris mengisi hiasnya. 

Gambar seperti yang tampak adalah contoh penerapan ragam hias pada bahan kayu. Sedangkan pada perkembanganya dapat dikembangkan pada benda motif tersebut atau barang - barang kerajinan daerah, misalnya seperti yang tampak pada gambar berikut. 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel