Penulisan Not Angka Dan Fungsi Penulisan Nada Dasar

Penulisan Not Angka Dan Fungsi Penulisan Nada Dasar - Setelah manusia mengenal tulisan musik dapat dikenali melalui tulisan meskipun musik dinikmati dengan alat pendengaran. Penulisan musik berbeda dengan komunikasi bahasa yang dengan huruf.

Dengan notasi kita dapat mengenal membaca, serta menyanyikan komposisi musik. Notasi musik merupakan sistem penulisan lagu dan not adalah satuan nada dalam penulisan musik perwujudan nada yang dapat dilihat atau disebut dengan lambang nada.

Notasi musik merupakan penulisan lagu atau perwujudan dari komposisi musik. Berikut ini cara penulisan not dengan not angka.

Not Angka - Penulisan notasi angka adalah penulisan nada yang dilambangkan dengan lambang angka. Lambang angka yang digunakan angka 1 sampai 7. Sedangkan untuk menulis nada rendah dan tinggi mengulang simbol dengan memberikan titik di bawah untuk melambangkan nada rendah dan titik atas untuk nada tinggi. Berikut ini urutan nada:

Penulisan Not Angka Dan Fungsi Penulisan Nada Dasar

Pelambangan penulisan not angka lazimnya di sebut dengan solmisasi.

Partitur lagu:


Penulisan Not Angka Dan Fungsi Penulisan Nada Dasar

Penulisan not angka biasanya digunakan untuk komposisi lagu yang berupa melodi dan syair pokok. Notasi dengan not angka cukup mudah terutama untuk menuliskan komposisi musik sederhana tetapi jika komposisi lagu sudah berupa aransemen sulit untuk dituliskan not angka. Misalnya penyajian musik orkestra dan sejenisnya akan rumit jika ditulis dengan not angka.

Dalam notasi musik yang ditulis dengan not angka maka dilengkapi nada dasar yang berfungsi untuk mengetahui tinggi nada 1 (do) pada saat dinyanyikan. Misalnya nada dasar 1 = C  tiap nada dinyanyikan setinggi nada C (natural) demikian pula nada dasar yang ditulis dengan 1 = G nada 1 (do) setinggi dengan nada G.

Penulisan nada dasar harus disertakan dalam penulisan notasi lagu sebab notasi angka sangat relatif, contohnya nada 1 (do) dapat mewakili nada setinggi nada 1 (do) atau C natural serta dapat mewakili nada rendah atau nada tinggi.

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...