Teknik Berkarya Ragam Hias Ukir Pada Bahan Kayu

Teknik Berkarya Ragam Hias Ukir Pada Bahan Kayu -  Bahan kayu di Nusantara relatif mudah di dapat dengan alam tropisnya yang digunakan bahan baku pembuatan ragam hias kayu. Teknik berkarya menggunakan kayu secara terus menerus berkembang dan telah ada sejak zaman prasejarah kemudian keunikan mulai berkembang pada zaman kerajaan. 

Cara yang digunakan untuk membuat ragam hias pada kayu diantaranya: mengukir, menggambar, menempel pada permukaan kayu. Sebelum menggambar pada kayu lebih dulu di dihaluskan karena kayu memiliki karakteristik menyerap benda cair. Cara menghaluskan permukaan kayu menggunakan ampelas sehingga permukaan menjadi rata dan halus. Berikut contoh ukir kayu:

Teknik Berkarya Ragam Hias Ukir Pada Bahan Kayu

Untuk menghasilkan karya yang berkualitas dilakukan pengampelasan setelah pelapisan cat dasar dengan menggunakan ampelas dengan nomor ampelas yang lebih besar. Pengampelasan setelah pengecatan dasar agar menghasilkan permukaan halus dan padat. Selanjutnya dilakukan penggambaran. 

Teknik berkarya pada bahan kayu dikenal dengan seni ukir dengan cara menggores dan memahat serta menoreh bentuk atau pola pada permukaan benda yang diukir. 

Semoga bermanfaat.  

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel