Asal Kata Kolintang Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

Asal Kata Kolintang Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara - Setiap daerah di Indonesia mempunyai keunikan tersendiri dalam seni musiknya. Keunikan tercermin tidak hanya dalam instrumen saja melainkan mulai dari ritme, harmoni, melodi, timbre atau secara keseluruhan dalam musiknya. 

Alat musik daerah yang beragam dari keragaman budaya pula. Berikut ini beberapa alat musik indonesia yang lebih dikenal; 
Asal Kata Kolintang Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara

Kolintang
Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara. Kolintang menyerupai alat musik gambang yang terbuat dari berupa bilah - bilah kayu. Alat musik yang sederhana kolintang mampu untuk menyajikan permainan instrumen yang khas dengan dikreasikan sedemikian rupa. 

Setiap instrumen mempunyai tugas sendiri dalam menghasilkan harmoni yang khas dan unik kedaerahan. Orkes kolintang digunakan untuk mengiringi lagu kedaerahan atau lagu daerah Sulawesi Utara. Contoh lagu daerah Sulawesi Utara O Ina ni Keke

Sistem tangga nada diatonis pada musik kolintang kini mengalami perkembangan, musik kolintang digunakan untuk mengiringi lagu - lagu pop Indonesia maupun lagu Mancanegara.

Musik Kolintang asal Minahasa dan nama kolintang berasal dari namanya yaitu, 
'tong' nada rendah
'ting' nada tinggi
'tang' nada biasa

Dalam bahasa daerah "Mangemo Kolintang" yang dalam bahasa Indonesia "mari kita lakukan tong ting tang" dan ajakan tersebut berubah menjadi kata Kolintang. 

Semoga bermanfaat.  

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel