Calung Alat Musik Khas Sunda Dan Jenis - Jenis Teknik Tabuhan Calung

Calung Alat Musik Khas Sunda Dan Jenis - Jenis Teknik Tabuhan Calung - Calung adalah alat musik tradisional Sunda yang menyerupai alat musik angklung yang berbentuk bilah - bilah nada (wilah). Kedua alat musik tersebut sama - sama terbuat dari bambu. Sebagian besar terbuat dari bambu wulung (bambu hitam) atau awi wulung dan juga dari bambu putih atau awi temen.  

Sistem tangga nada calung menggunakan sistem pentatonis da-mi-na-ti-la-da. Sumber bunyi alat musik tersebut dari badan alat tersebut dengan cara dipukul termasuk alat musik perkusi bernada.

Calung Alat Musik Khas Sunda Dan Jenis - Jenis Teknik Tabuhan

Berdasarkan Bentuknya calung Sunda terbagi menjadi dua jenis, yaitu : 

Calung Rantay 
Calung rantay  bilah berderat dan ditali dengan kulit waru atau lulub mulai dari bilah besar sampai bilah kecil yg berjumlah ruas bambu 7 atau lebih. Cara membunyikanya dengan cara dipukul. Komposisi calung rantay ada satu deret atau dua deret, yaitu calung indung dan calung anak atau calung rincik. 

Calung Jinjing
Calung jinjing cara memainkanya dengan dipukul dengan tangan kanan dan tangan kiri menjining alat musik tersebut. Teknik menabuh calung jinjing, antara lain: 

- dimelodi
- dikeleter
- dikemprang
- dikempyung
- diraeh
- dirincik
- dirangkep (diracek)
- salancar
- kotrek, dan 
- solorok
Calung jinjing berbentuk deretan bambu bilahan bambu yang disatukan dengan paniir atau sebilah kecil bambu. Calon Jinjing terdiri dari empat atau lima buah, yaitu:

- calung kingking (terdiri dari 12 tabung bambu)
- calung panepas (5 /3 dan 2 tabung bambu)
- calung jongjrong(5 /3 dan 2 tabung bambu), dan 
- calung gonggong (2 tabung bambu).

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel