Fungsi Tanda Tempo Dan Istilah - Istilah Tanda Tempo

Fungsi Tanda Tempo Dan Istilah - Istilah Tanda Tempo - Tanda Tempo selain akor  dalam notasi atau partitur lagu terdapat istilah tempo yang lazim tertulis di sebelah kiri atas partitur. Tempo adalah salah satu unsur musik penting dan berfungsi sebagai penanda cepat dan lambatnya lagu yang dinyanyikan. Tempo juga unsur penentu sehingga lagu yang dinyanyikan sesuai dengan yang diharapkan mengalun indah.

Dalam penulisan partitur selain tanda tempo juga terdapat istilah 'rit' yang berarti sebagai perubahan tempo. Tempo adalah sebagai penanda cepat lambatnya lagu yang dinyanyikan, dengan menyanyikan lagu sesuai dengan tanda tempo maka lagu dapat terdengar indah. 

Dalam hal ini kita dapat mengambil contoh perubahan tempo atau lagu yang diubah kecepatanya, misal lagu "Mengheningkan Cipta" diubah kecepatan lagunya seperti menyanyikan lagu "Halo - Halo Bandung" pastinya akan terasa janggal. Oleh karena itu dalam menyanyikan lagu sebaiknya mengikuti petunjuk sesuai dengan yang tertera dalam partitur lagu. 

Tanda tempo dalam lagu telah ditetapkan oleh penciptanya dan berlaku sesuai dengan keseluruhan teks. Ada lagu yang bertempo lambat dan ada pula lagu yang bertempo lambat. Istilah tanda tempo ada yang menggunakan bahasa Italia dan Bahasa Indonesia yang tertulis di sebelah kiri atas partitur. 

Berikut ini istilah tanda tempo yang lazim digunakan: 

- > Largo     : Lambat sekali
- > Lento     : Lebih lambat
- > Adagio    : Lambat
- > Andante   : Sedang
- > Moderato  : Sedang agak cepat
- > Allegro   : Cepat
- > Vivace    : Lebih cepat
- > Presto    : Cepat sekali 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel