Nilai Not, Garis Bendera Dan Pemakaian Garis Bendera

Nilai Not, Garis Bendera Not Dan Pemakaian Garis Bendera -Nilai not terdapat berbagai macam nilai not yang mempengaruhi panjang serta pendeknya nada atau durasi. Bentuk not yang berbeda mempunyai nilai not yang berbeda pula. Sedangkan harga not juga mempengaruhi ketukan dalam sebuah birama. 

Dalam penulisan not angka tanda titik bernilai sama dengan not lain, sedangkan tanda titik dalam penulisan not balok terdapat di belakang not bernilai setengah dari not tersebut. 

Bendera not dan garis bendera 
not berbendera untuk melambangkan nilai not kecil, misalnya not 1/8, 1 /16 dan semakin kecil not maka semakin banyak benderanya. 

Nilai Not, Garis Bendera Dan Pemakaian Garis Bendera

Penulisan beberapa not berbendera biasanya dituliskan menjadi satu dengan garis lurus, hal ini dapat dijumpai dalam penulisan not instrumentalia. Garis lurus yang penghubung antara not satu dengan yang lain dikenal dengan garis bendera. 

Garis yang menghubungkan nada satu dengan yang sama jumlahnya dengan  penulisan bendera not, misalnya not berbendera satu maka menggunakan garis satu untuk menghubungkan not dan seterusnya. Lihat contoh berikut:

Ketentuan Dalam pemakaian Garis bendera: 

-> Garis bendera ditarik dari not pertama sampai terakhir.
-> Not yang terjauh dari garis ketiga menjadi acuan jika terdapat arah tangkai not yang berlawanan. 
-> Bebas untuk menetapkan jika terdapat pada garis ketiga, boleh keatas atau kebawah. 
-> Pada notasi musik instrumentalia dapat diterapkan aturan yang berbeda, lihat contoh berikut ini: 

Nilai Not, Garis Bendera Dan Pemakaian Garis Bendera

Ada dan tidaknya teks lagu menentuka pemakaian garis bendera . Terdapat ketentuan sebagai berikut ini pada notasi melodi: 

-> Tiap not hanya mewakili satu suku kata jika teks lagu ditulis berbentuk silabis sedangkan not berbendera dibiarkan tetap. 
-> Teks lagu berbentuk melismatis, Dua not atau lebih dituliskan untuk satu suku kata dan bendera diganti dengan garis bendera. 

Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel