Not Balok, Garis Birama Dan Penulisan Not Balok

Not Balok, Garis Birama Dan Penulisan Not Balok - Not balok adalah sistem penulisan yang berupa gambar dan ditempatkan dalam sangkar nada atau garis paranada. Garis paranada terdiri dari 5 garis yang sama panjang dan sama dan mengapit empat sisi.

Not Balok, Garis Birama Dan Penulisan Not Balok

Kegunaan dari garis paranada berfungsi adalah untuk menempatkan not sesuai dengan sifat yang dilambangkan sesuai dengan tinggi rendah nada. Nada yang rendah ditempatkan pada garis paranada rendah dan nada tinggi ditempatkan di garis paranada yang tinggi pula.

Not Balok, Garis Birama Dan Penulisan Not Balok

Cara membaca paranada dari bawah, misal menulis not pada garis ketiga maksudnya garis ketiga dari bawah, dan untuk not dalam spasi, misalnya not dalam spasi keempat maksudnya spasi keempat dari bawah atau disebut not spasi.

Garis dan spasi pada sangkar nada digunakan untuk menulis not. Not yang tepat pada garis disebut not garis dan not yang terdapat pada spasi disebut not spasi.

Garis paranada dibagi menjadi ruas - ruas birama atau garis tegak lurus dan menjadi ruas yang lebih sempit. Ruas - ruas tersebut disebut dengan ruas birama atau birama. Sedangkan garis tegak lurus yang membatasi birama disebut garis birama yang sama dengan tingginya dengan garis paranada. 

Garis birama digunakan untuk garis penutup atau pada akhir notasi lain ditempatkan dalam paranada. Garis birama penutup yang berupa garis tipis dan tebal.

Not balok juga disebut not gambar yang berupa bulatan berekor dan berbendera seperti bentuk kecambah, lihat pada gambar:

Not yang tampak pada gambar ada pula not yang berupa bulatan saja dan not bulat yang bertangkai. Not terdiri dari kepala not, tangkai not dan bendera not.

Cara menulis not balok kepala not selebar spasi paranada, dan dua setengah kali lebar spasi paranada. Tangkai not ada yang mengarah keatas dan ke bawah. berikut ini cara menulis tangkai not balok.

Not Balok, Garis Birama Dan Penulisan Not Balok

-> Tangkai not harus mengarah ke bawah jika kepala not di atas garis ketiga.
-> Tangkai not harus mengarah ke atas jika di bawah garis ketiga.
-> Tangkai not boleh mengarah ke atas maupun ke bawah bila kepala not terletak di garis ketiga.
-> Tangkai not harus searah jika kepala not sejajar atau berderet pada tingkat yang sama.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel