Perubahan Tempo, Mengukur Tempo Dan Tanda Dinamik Lagu

Perubahan Tempo, Mengukur Tempo Dan Tanda Dinamik Lagu - Tanda tempo berlaku untuk keseluruhan teks lagu, misal pencipta lagu menginginkan variasi tempo yang terdapat di bagian tertentu pada lagu. Berikut ini Istilah perubahan tempo yang digunakan: 

- ritenuto sering disingkat 'rit' yang berarti diperlambat.
- accellerando disingkat 'accel' yang berarti dipercepat. 
- a tempo atau tempo primo yang berarti kembali ke tempo semula. 

Mengukur Tempo
Tanda tempo berfungsi untuk menunjukan cepat lambatnya lagu yang dinyanyikan. Seberapa cepat lagu harus dinyanyikan dapat diukur dengan alat mentronome Malzel, alat tersebut ditemukan oleh Johann Nepomuk Malzel (1770 - 1838). 

Alat metronome dapat memberi tanda dengan ketukan teratur sesuai dengan tanda tempo lagu. Berikut ini ketukan kecepata metronome: 

PerubahanTempo, Mengukur Tempo Dan Dinamik Lagu

Dinamik 
Dinamik adalah keras lemahnya lagu yang dinyanyikan. Penulisan tanda dinamik ditulis diatas bagian lagu. Selain memperhatikan tempo saat bernyanyi paduan suara juga harus memperhatikan tanda dinamik, sehingga suasana lagu akan lebih tepat. Dua istilah 'forte' dan 'piano' dalam penulisanya forte disingkat 'f' dan 'piano' disingkat p. Kuat lemahnya lagu yang bervariasi maka terdapat tanda variasi dinamik. 
PerubahanTempo, Mengukur Tempo Dan Dinamik Lagu
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel