Pengertian Acapella (Sejarah Perkembangan Acapella)

Pengertian Acapella (Sejarah Perkembangan Acapella) - Acapella menurut Wikipedia berasal dari kata "a" dan "capella" yang berarti "sesuai gaya kapel". Acapella adalam bahasa Indonesia ditulis dengan akapela yang merupakan jenis musik tanpa iringan instrumen atau alat musik. 

Awal mula musik Acapella dinyanyikan oleh para imigran Afrika dalam upacara pesta suku pedalaman yang pada waktu itu hanya menirukan suara alat - alat musik saja karena memang kondisi ekonomi yang sulit dan tidak mampu untuk membeli alat musik. 

Suara alat musik yang mereka tirukan adalah alat musik yang seringkali mereka dengan paduan suara orang Kaukasia di gereja. Ternyata apa yang mereka tirukan menjadi sebuah karya musik yang disebut dengan Acapella. 

Oleh orang Kaukasia sendiri pada saat itu menganggap acapella hanyalah nyanyian dengan pembagian vokal saja dan tidak menirukan suara alat musik. Namun oleh imigran Afrika menggabungkan teknik pembagian suara dengan peniruan alat musik. 

Teknik bernyanyi yang unik tersebut akhirnya ditiru oleh bangsa lain terutama Spanyol dan mewariskan teknik ini hingga ke Filipina. 

Pada zaman tersebut menurut sumber lain dinyanyikan sebagai musik religius kristen saja tetapi acapella kini mulai berkembang sebagai musik populer, nasyid dan sebagainya. 


Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel