Pengertian Kolase (Unsur Dan Langkah Pembuatan Kolase)

Pengertian Kolase (Unsur  Dan Langkah  Pembuatan Kolase) - Kolase adalah karya seni dua dimensi dan merupakan sebuah komposisi artistik yang dibuat dari berbagai macam bahan yang dapat dipadukan dengan bahan dasar, misalnya kain, kertas, logam, kaca, kayu yang ditempel pada permukaan gambar. 

Ciri dari Kolase justru memperlihatkan bentuk asal material yang digunakan. Hal tersebut bertolak dengan seni lukis asal material yang digunakan tidak lagi bentuk aslinya, misalnya kanvas putih dengan berbagai lukisan yang berwarna, maka kanvas tersebut tidak terlihat lagi bentuk aslinya. 

Kolase yang indah dan unik dapat dihasilkan dengan memanfaatkan berbagai material, Jenis Kolase berdasarkan dimensinya dibagi menjadi dua, yaitu: 

- dua dimensi
- tiga dimensi
Pengertian Kolase (Unsur  Dan Langkah Pembuatan Kolase)
Unsur - Unsur Kolase : 

- Titik dan Bintik: titik adalah unsur rupa paling kecil dan tidak mempunyai ukuran panjang dan lebar dan dapat diwujudkan dengan pasir laut. Bintik adalah titik agak besar yang dapat diwujudkan dengan biji - bijian ukuran kecil dan sejenisnya. 

- Garis Dengan ukuran panjang atau perpanjangan dari titik dan relatif tidak mempunyai lebar. Terdapat beberapa garis ditinjau dari jenisnya: 

- garis lurus
- garis lengkung
- garis putus- putus 
- garis spiral

Perwujudan garis - garis tersebut pada kolase dapat menggunakan: lidi, batang korek, potongan kawat, benang dan sebagainya. 

- Bidang Pertemuan dari beberapa garis yang merupakan unsur rupa. Bidang dibedakan menjadi tiga, yaitu, horizontal, vertikal dan melintang, misalnya pada bidang datar dua dimensi dan bidang bervolume tiga dimensi. 

- Warna dapat adalah unsur seni rupa yang dapat ditangkap dengan indra penglihatan manusia. Adapun jenis - jenis warna, antara lain: primer, sekunder dan tertier. Sedangkan dalam kolase terdapat unsur warna yang dapat diwujudkan dengan unsur: 

- cat
- pita atau renda
- kertas warna
 kain berwarna dan sebagainya

Tahap - Tahap Pembuatan Kolase: 

- Menyiapkana material, misalnta kertas, majalah. Media perangkat: pewarna, pensil gunting, kalender bekas dan lem. 

- Membuat gambar sesuai dengan keinginan.
- Pewarnaan bahan yang akan ditempel. 
- Gambar yang akan ditempel olesi dengan lem sedikit demi sedikit. 
- Mulai tempelkan guntingan pada kertas dengan rapi, sehingga hasil kolase lebih tertata dan rajin. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel