Pengertian Musik Hindustan (Jenis Alat Musik, Ciri - Ciri Dan Fungsi Alat Musik)

Pengertian Musik Hindustan (Jenis Alat Musik, Ciri - Ciri Dan Fungsi Alat Musik) - Musik Hindustan adalah musik yang tumbuh dan berkembang di wilayah India dan Pakistan serta Bangladesh, dan paling banyak mengalami perkembangan adalah di negara India. 

Alat musik membranophone (bermembran) adalah sebagai ciri khas musik India, yaitu "Tabla". Selain Tabla juga terdapat musik yang menjadi ciri khas India yaitu "string" atau sitar. 

Tangga nada alat musik India disebut dengan "raga" dalam satu oktaf terdiri dari 22 nada, tetapi biasanya hanya dimainkan 5 sampai 12 nada.

Pengertian Musik Hindustan (Instrumen, Ciri - Ciri Dan Fungsi Alat Musik)

Berikut ini Instrumen musik di India: 

- Tabla
alat musik bermembran sejenis ketipung yang dalam secara permainan musik klasik India berfungsi memimpin sitar dan tambura. 

Cara bermain tabla dengan memukul bagian tengah kulit dengan jari, dan untuk membuat variasi nada menggunakan telapak tangan dengan menekan pada bidang pukul. 

- Sitar
Alat musik sejenis gitar dengan jumlah dawai tujuh senar dan melewati fret logam lengkung. Bunyi yang dihasilkan senar sitar meliuk - liuk dengan memanfaatkan fret untuk mengatur senar dan tangga nada. 

- Tambura
Alat musik ini seperti sitar dan berbentuk kecapi panjang dengan ciri bunyi yang mendengung di balik permainan melodi sitar. 

- Serangai
Serangai sejenis alat musik rebab berbentuk seperti bongkahan dimainkan dengan cara digesek.

Keunikan dari alat musik India yang meliuk dan berputar - putar adalah pada alat musik dawai yang berbunyi cemerlang dari seperangkat senar yang terpasang. Senar harmoni dalam alat musik tersebut tidak menyatu dengan senar utama tetapi turut berbunyi saat senar utama dibunyikan. 

Adapun ciri - Ciri Musik Hindustan adalah sebagai berikut: 

- Menggunakan alat musik tabla, tambora, sitar dan serangi.
- Berirama dinamis menimbulkan suasana joged.
- Di dominasi alat musik tabla dan tambura
- Contoh lagu Hindustan: Khuch-khuch hu tahe

Fungsi Alat Musik :

- Bagian melodi adalah alat musik : vokal, alat musik Sitar, Sarod, Surbahar dan beberapa jenis seruling
- Musik yang berdengung Instrumen Vina  atau Tambura. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel