Sejarah Keberadaan Dan Perkembangan Gambus Di Indonesia

Sejarah Keberadaan Dan Perkembangan Gambus Di Indonesia - Gambus adalah alat musik petik yang terdiri dari tiga senar paling sedikit dan paling banyak 12 senar. Gambus adalah alat musik sejenis mandolin yang berasal dari Timur Tengah, yaitu Turki dan Mesir. di negara Timur Tengah di namai "oud".

Oleh para ahli penelitian etnomusikologis yang meliputi wilayah Timur Tengah, India, Asia Tenggara, dan Indonesia, diantaranya : 

- Kurt Sachs
- Hornbostel
- Kunst
- Farmer dan lain-lain.

Para peneliti mengungkapkan pendapatnya instrumen gambus berasal dari Arabia.

Sejarah Keberadaan Dan Perkembangan Gambus Di Indonesia

Sedangkan masuknya alat musik Gambus ke Indonesia bersamaan dengan masuknya Islam ke Indonesia ke daerah yang bersangkutan, syair lirik lagunya pun bernafaskan Islam dan berbahasa Arab. 

Perkembangan gambus diperkaya juga dengan berbagai bahasa seperti bahasa Melayu dan India juga lagu - lagu daerah, sehingga gambus dapat ditemui di pelosok - pelosok seni musik gambus yang membawakan lagu daerah dengan perpaduan alat musik yang beragam. 

Alat musik gambus sebagai identitas dalam suatu musik yang disebut orkes gambus, dengan alat tersebut sebagai instrumen utamanya. 

Gambus adalalah jenis musik Islam yang telah berusia ratusan tahun dan masih bertahan hingga sekarang dan juga mengalami perkembangan fungsi dari religi menjadi sarana hiburan dan tidak jarang musik gambus ditampilkan dalam pesta-pesta perkawinan, khitanan dan sebagainya. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel