Alat Perlengkapan Dan Fungsi Instrumen Dalam Pertunjukan Marching Band

Alat Perlengkapan Dan Fungsi Instrumen Dalam Pertunjukan Marching Band - Seperti yang diketahui Marching band adalah seni pertunjukan yang ditampilkan di area terbuka atau tertutup. 

Marching band terdiri dari berbagai macam alat dengan karakter bunyi khusus. Berikut ini jenis alat musik Marching beserta fungsinya: 

- Snare
Biasanya marching band membawakan lagu yang disajikan oleh semua alat. Masing - masing alat mempunyai fungsinya tersendiri, snare berfungsi sebagai penentu dalam menentukan ketukan dalam bentuk ritmis.

- Bass
Irama sebagian besar menjadi acuan dalam permainan bass digunakan sebagai penentu ketukan. 

- Terompet
Terompet dalam pertunjukan Marching band berfungsi sebagai melodi atau soprano. Sesuai fungsinya marching band dibagi menjadi dua atau tiga kelompok yang digunakan untuk mengisi rentang suara, dari nada - nada yang berbeda. Rentang suara yang dimainkan adalah sopra, mezzo-sopran. 

Terompet yang biasa digunakan dalam grup marching band bernada dasar 'bes' tetapi ada pula yang menggunakan terompet bernada G. 

- Bariton Horn atau Euphonium
Bariton dengan sistem tiga katup dan corong menghadap kemuka, fungsi alat tersebut untuk mengisi suara rentang nada bariton dan biasanya menggunakan nada dasar 'bes' dan secara fungsinya sama dalam pertunjukan orkestra.

- Stick Mayoret
Stick Mayoret mempunyai peranan yang sangat vital dalam marching band. Fungsi stick mayoret digunakan untuk acuan dalam permaiann marching band yang dipegang oleh pimpinan marching band, aba - aba yang diberikan dalam permainan marching band, misalnya: 

- menentukan arah kemana yang dituju
- lagu yang dipilih
- mengatur segala kondisi dalam pertunjukan marching band mulai dari awal hingga selesai. 

- Kuarto Tom-Tom
Kuarto Tom - Tom dalam pertunjukan marching band berfungsi untuk memberikan nada ritmis dengan pola permainan tertentu dengan mengisi setiap celah kosong  (secara musikal) dan juga berfungsi untuk mendahuli serta membuka permainan marching band. 

- Bellyra/marching bells
Marching bells adalah alat musik marching band yang berupa bilah - bilah nada yang berbentuk persegi. Cara membunyikanya dengan di pukul menggunakan alat pukul khusus atau disebut dengan stick. 

Fungsi alat tersebut untuk memainkan nada - nada melodi lagu dalam kelangsungan pertunjukan marching band. Lagu yang ditampilkan Marching band adalah hasil gubahan lagu yang sudah ada dan biasanya lebih menarik dari lagu aslinya. 

- Symbal
Symbal adalah alat musik berupa lingkaran logam tipis yang menghasilkan suara desis yang dalam pertunjukan marching akan menghasilkan warna bunyi tersendiri ketika digabungkan dengan alat musik lainya. 

- Bendera 
Bendera tidaklah digunakan sebagai alat musik melainkan dari hasil kreativitas grup marching maka bendera akan menghasilkan efek visual yang mendukung penampilan marching walaupun Tidak semua grup marching selalu menggunakan bendera. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel