Istilah - Istilah Marching Band Yang Jarang Diketahui

Istilah - Istilah Marching Band Yang Jarang Diketahui - Dalam pertunjukan Marching Band terdapat beberapa istilah yang digunakan oleh seorang Gitapati, Paramanandi atau Mayoret. Beikut ini beberapa istilah dalam Marching Band; 

- Battery
Adalah sebuah unit yang ada dalam marching band dan berfungsi untuk memimpin tempo yang dihasilkan oleh alat musik perkusi, apa saja alat musik tersebut, antara lain: 

- snare drum
- bass drum
- quarto
- cymbal

- Brass
brass berupa alat musik tiup logam yang ada dalam pertunjukan marching diantaranya: 
- terompet
- Tuba
- Euphonium
- French horn, dan
- Mellophone

- Cadet Band
Istilah yang digunakan untuk mneyebut anggota tim baru sebelum masuk tim inti yang terlebih dulu dilatih secara intensif alat musik nantinya akan dimainkan. 

- Departement
Departement adalah istilah yang digunakan untuk menyebut  alat musik atau posisi satu unit tim, contohnya: 

- percussion
- brass
- color guards

- Section
Pembagian kelanjutan dari departement, contohnya: 

- percussion departement terdapat pit section dan battery section. 

- Color Guards
Dalam marching band terdapat sekelompok departement yang berfungsi untuk memperindah musik berupa tarian atau alat lain, dan yang paling sering digunakan adalah bendera dan tongkat hias, Color guards adalah unit marching band yang berfungsi untuk memperindah penampilan musik. 

- Drum Corps
Sebutan lain dari marching band. 

- Field Commander (FC)
Pimpinan Marching band pada saat tampil di lapangan bertugas untuk mengatur tempo dan tinggi rendahnya nada. Satu hal yang harus dimiliki FC adalah mempunyai musikalitas tinggi. 

- Front Ensemble
Front ensamble adalah gubahan dari istilah pit percussion. Dalam pertunjukan marching band front ensemble terletak di depan dan tidak mebngikuti gerak formasi anggota lain. 

- Mallet Percussion
Adalah bagian perkusi dan menghasilkan melodi termasuk front ensemble. "mallet" adalah untuk menyebut alat pukul khusus, alat musiknnya, antara lain: 

- xylophone
- marimba
- vibranophone, dan sebagainya.

- Rudiment
Terknik dasar bermain perkusi yang diperkirakan ada 40 rudiment dengan pola dan ritme sendiri, teknik dasar pukulanya, antara lain: 
- stroke
- roll
- diddle
- flam, dan pegembangan pukulan lain. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel