Keindahan Gerak Dan Fungsi Tari Saman Aceh

Keindahan Gerak Dan Fungsi Tari Saman Aceh - adalah tarian paling populer di Aceh yang juga merupakan tarian khas suku Gayo. Tari Saman digunakan untuk merayakan peristiwa penting adat Gayo sehingga syair serta tarian saman menggunakan bahasa Gayo. 

Tari Saman diciptakan oleh seorang ulama Gayo yang bernama Saman pada sekitar abad XIV Masehi nama tari Saman diambil dari nama penciptanya. Pertunjukan tari Saman biasanya ditampilkan untuk perayaan kelahiran Nabi Muhamad SAW. 

Fungsi dari tari tersebut digunakan sebagai media dakwah dan sebagainya. fungsi dari tari Saman, yaitu : 

- Pesan dakwah
- Sopan Santun
- Kepahlawanan
- Kekompakan
- Kebersamaan

Pertunjukan tari saman diawali dengan mukaddimah atau pembukaan oleh pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat (keketar) berupa nasihat yang bermanfaat kepada pemain maupun penonton.
Keindahan Tari Saman : 

Dalam pertunjukan tari Saman menggunakan iringan musik serta suara penari berupa tepukan, memukul dada dan paha serta gerakan badan penari kekanan dan kekiri juga berbagai arah. Pertunjukan tersebut di pimpin oleh seorang Syekh, konsentrasi yang tinggi harus dimiliki oleh para penari Saman juga ketepatan waktu dan keseragaman formasi.

Keindahan utama dalam pertunjukan tari saman adalah gerakan. Gerakan tari saman terbagi menjadi dua unsur yang juga unsur dasar tari saman.  Tari tersebut terkesan kompak dan semarak dengan gerakan oleh belasan penari, dan uniknya Jumlah tari Saman harus ganjil walau ada pendapat dibawakan genap, misal 10 orang, dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi. 

Selain tepukan gerakan tari saman yang enerjik juga didukung oleh nyanyian. Terdapat lima macam jenis cara menyanyikan tari saman, antara lain : 

: Rengum adalah auman yang diawali oleh pengangkat.
: Dering adalah regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
: Redet adalah pertunjukan lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.
: Syekh adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya digunakan sebagai tanda perubahan gerak.
: Saur adalah lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.

Semoga bermanfaat. 
Floryday WW

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Floryday WW