Kesenian Adat Daerah Suku Alor NTT

Kesenian Adat Daerah Suku Alor NTT - Suku Alor adalah suku yang terdapat di Nusa Tenggara Timur.  Provinsi tersebut adalah kalabahi dibagian selatan pulau Alor adalah Timor Leste dan Selat Ombay, sementara di bagian utara berbatasan dengan laut Flores, bagian barat Selat Lomblen dan Kabupaten Lembata. Sementara di bagian timur adalah kepulauan Maluku Tenggara Barat.

:: Kesenian Suku Alor
Kesenian tradisional sangat beragam di Kabupaten Alor dan melekat dengan tradisi suku Alor.  Tarian Lego Lego adalah salah satu kesenian tradisional yang terkenal, yang juga merupakan tarian tradisional Abui di kampung Takpala.
Pertunjukan tarian Lego lego ditampilkan semalam suntuk dan secara masal dengan membentuk lingkaran dan bergandengan tangan mengelilingi tiga batu bersusun (mesbah) dan mengumandangkan lagu pantun berbahasa adat setempat. Iringan tarian lego lego menggunakan alat musik gong dan moko. 

:: Alat Musik Tradisional
Moko adalah alat musik sejenis gendang yang diduga hasil dari kebudayaan zaman perunggu. Keunikan alat musik ini dapat dijadikan sebagai mahar, belis atau mas kawin. Tetapi moko dipercaya oleh masyarakat Alor hanya dimiliki oleh para bangsawan dengan nilai yang sangat tinggi yang berasal dari tanah. Moko juga menjadi barang koleksi oleh suku Alor. 

Semoga bermanfaat.

Floryday WW

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Floryday WW