Kesenian Suku Anak Dalam (SAD) Suku Kubu

Kesenian Suku Anak Dalam (SAD) Suku Kubu - Suku Anak Dalam (SAD)  juga dikenal dengan suku Kubu adalah suku yang tinggal di perbatasan antara Sumatera Selatan dengan Jambi. Suku tersebut terlatak di  hutan Taman Nasional Bukit 12 juga kehidupan semi modern dan pola kehidupan yang homogen. Sebagian besar mata pencaharian masyarakatnya berburu dan berladang. 

Suku kubu juga salah satu suku yang tetap menjaga kelestarian hutan karena kedekatanya dengan hutan untuk keperluan hidup sehari - hari  yang dimanfaatan oleh suku tersebut untuk pengobatan tradisional. 

Kesenian Suku Kubu :

Upacara pengobatan tradisional suku pedalam Jambi diperkirakan menginspirasi sebuah karya seni tari kreasi kubu yang dtampilkan oleh lima laki - laki dan lima perempuan. Pakaian yang digunakan dalam tari kubu adalah pakaian sehari - hari. 

Gerakan tari kubu didominasi oleh gerakan tangan dan hentakan kaki. Pertunjukan akhir cerita tari kubu menggambarkan orang yang terkena penyakit diangkat dan dioakan dengan mantra setelah diberikan ramuan obat. Seseorang yang terjangkit
 penyakit berada ditengah formasi lingkaran yang dibentuk oleh para penari. 

Alat Musik : 

Alat musik yang digunakan untuk iringan tari kubu berupa perkusi, gendang dan kecrek yang disesuaikan dengan gerakan hentakan kaki penari. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel