Keunikan Makna Gerakan Tari Papua

Keunikan Makna Gerakan Tari Papua - Kesenian tradisional Papua selain unik juga beragam. Keunikan seni  tradisional Papua mempunyai ciri tersendiri yang  tercipta dari berbagai ragam suku yang ada di Papua salah satunya adalah keindahan tarian tradisional Papua, berikut ini beberapa keindahan tari tradisional Papua: 

:: Tari Sajojo
Tari Sajojo adalah tarian yang populer sejak tahun 90-an dengan gerakan tari Sajojo melambangkan masyarakat Papua yang suka bergaul dan terkesan ceria dan cocok digunakan untuk acara perayaan . Tari Sajojo dibawakan oleh segala umur anak - anak hingga orang dewasa, ciri tari sajojo menceritakan seorang gadis yang disukai oleh banyak orang.

:: Tari Suanggi (Roh Jahat)
Tari Suanggi tarian sakral atau magis dan digunakan untuk upacara ritual. Cerita tarian Suanggi adalah tentang angi - angi atau seorang wanita yang meninggal karena korban jejadian dan dalam tarian menggambarkan roh yang memasuki tubh wanita yang masih hidup. 

:: Tari Perang
Tarian ini pada awalnya digunakan untuk menyemangati para prajurit yang sedang berperang dan kini sebagai tarian tersebut ditampilkan untuk mengenang para prajurit yang gugur ketika berperang. Tari Perang juga sebagai simbol kegagahan serta keberanian masyarakat Papua.  Pertunjukan tari perang menggambarkan prajurit yang berperang dengan iringan musik yang ini dibawakan oleh tujuh laki-laki atau lebih. 

:: Tari Selamat Datang
Tarian Selamat Datang adalah salah tarian populer masyarakat Papua danditampilkan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke Papua yang dibawakan secara berpasangan dengan iringan 'tifa' yang digunakan untuk mengiringi setiap gerakanya. 

:: Tari Yosim Pancar
Tari Yosim tarian kontemporer khas yang juga dikenal tari Yospan. Tari Yosim digunakan melambangkan simbol atau persahabatan yang dibawakan secara kelompok dengan gerakan enerjik dan ditampilkan untuk acara penyambutan tamu yang berkunjung,. Jumlah penari tidak ditentukan tetapi dibawakan oleh semua jenis. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel