Macam - Macam Kesenian Suku Asmat Papua

Macam - Macam Kesenian Suku Asmat Papua - Suku Asmat adalah suku yang terdapat di wilayah Papua dan terkenal dengan hasil karya seni berupa ukiran yang unik. Terdapat dua populasi suku asmat yaitu yang tinggal di daerah pesisir pantai dan dipedalaman. Kedua populasi suku asmat terdapat berbagai ragam perbedaan. Sementara populasi suku asmat dipesisir pantai terbagi menjadi dua, yaitu : 

:  Suku Bisman
:  Suku Sinai

Suku asmat meyakini diri mereka adalah keturunan dewa Fumeripitsy yang berasal dari dunia ghaib yang terdapat diseberang ufuk tempat matahari terbenam.  Adapun kesenian suku asmat yang terkenal, yaitu : 

: Ukiran Kayu atau Patung
Ukiran suku asmat lebih menggambarkan penghargaan mereka yang besar kepada nenek moyangnya walau ukiran dengan pola yang tidak terpola. Kemahiran dalam membuat ukiran misalnya berbentuk 'gembes' manusia atau perahu. 

:: Tari Tobe
Tari Tobe ditampilkan dalam upacara adat suku asmat oleh 16 orang penari laki-laki dan 2 orang penari perempuan. Gerakan tari tobe meloncat dengan iringan tifa (alat musik sejenis gendang ). Tarian tobe juga berkesan semangat untuk mengobarkan semangat juang prajurit ke medan perang. 

: Seni Musik 
Alat musik yang paling khas di papua adalah ti'a yang terbuat dari batang kayu yang dilubangi atau selonor. Bentuk alat musik tersebut bulat seperti gendang serta hiasan dengan teknik pahatan berbentuk leluhur atau bintang yang dikeramatkan.  

Terdapat ukiran yang dipermukaan ti'a yang menggambarkan patung bis, patung tersebut dianggap sakral oleh suku asmat yang menggambarkan anggota keluarga yang telah meninggal. 

Pada bagian atas ti'a dibungkus menggunakan kulit kadal dan diikat menggunakan rotan yang tahan api. Alat musik ti'a biasanya juga diberi nama orang yang telah tari meninggal, fungsi alat musik ti'a digunakan untuk iringan Tari Tobe atau tari Perang. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel