Trending Berita

Nilai Keindahan (Estetis) Gerakan Tari Beserta Contoh

Nilai Keindahan (Estetis) Gerakan Tari Beserta Contoh - Sesuatu disebut karya seni adalah karya yang diciptakan manusia dengan unsur keindahan didalamnya. Apa itu nilai keindahan?  Nilai yang muncul dari keindahan. 

Contoh nilai keindahan : 
Pernahkah anda melihat suatu pertunjukan karya seni? Apa yang anda rasakan pada saat melihat pertunjukan seni tersebut? Dalam hal ini setiap jawaban tidak sama sebab seni bernilai subjektif artinya masing - masing individu berbeda - beda. 

Contoh Keindahan Tari dan Ciri khasnya: 
Dalam hal ini kita ambil ciri dari tari daerah Bali " Nuding" atau mata yang melotot, sedangkan di Jawa gerakan mata kearah bawah. Sedangkan gerakan antara tari Saman dan Pakarena sangat jauh berbeda. Tari saman berciri kecepatan gerakan tangan sedangkan Tari Pakarena berciri gerakan tangan yang lembut dan mengalir.

Nilai keindahan atau estetis adalah kekampuan gerakan yang diciptakan sehingga menimbulkan pengalaman estetis. Setiap gerakan penari mempunyai nilai keindahan tersendiri, sehingga estetis terkait dengan faktor subjektif dan objektif. 

Misalnya karya seni tersebut sangat indah memang adanya sifat indah yang terdapat pada karya tersebut dan tidak terkait dengan orang yang mengamatinya. Dalam hal ini dapat juga diungkapkan kalau nilai estetis adalah sebuah tanggapan atau respon oleh perasaan pengamat. Jadi, estetis adalah hubungan antara benda dengan alam pikiran orang yang mengamatinya. 

Dari uraian tersebut masing - masing gerak tari di setiap daerah mempunyai keunikan tersendiri. 

Jenis tari berdasarkan Penyajian : 

: Tari Tradisional : primitif, tari rakyat dan tari klasik
: Tari Kreasi Baru 

Semoga bermanfaat. 

Dapatkan lirik lagu dan kumpulan lirik lagu lengkap dari berbagai genre. Dapatkan juga artikel bermanfaat lainya hanya di Tempolagu.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel