Opera Barok Sejarah Perkembangan Musik Vokal Zaman Barok

Opera Barok Sejarah Perkembangan Musik Vokal Zaman Barok - Zaman barok adalah zaman musik klasik barat. Terkait musik tidak terlepas dengan musik vokal. Musik vokal pada zaman Barok terbagi menjadi tiga, yaitu :


Opera Awal

Opera awal atau opera Barok berbentuk drama yang dikombinasikan dengan dialog, monolog, seni musik dan seni peran. Genre serupa merupakan sebuah karya yang muncul pada akhir abad 16 dengan mengacu pada zaman Yunani kuno dalam penggabungan antara musik dan drama. 

Pada zaman ini Opera awal terdapat komposer terkenal hingga sekarang, seperti: 

-  Jacopo Peri
- Giulio Caccinidan Marco da Gagliano (Kamerata Florenzia) karya yang diciptakanya adalah opera berjudul Dafne (1608). 

Selain komposer tersebut adalah komposer Montervedi dengan karyanya penulisan opera awal, tetapi sebagian karyanya musnah ketika terjadi peperangan pada tahun 1630 yang pada saat itu kota Mantua hancur. 

Dikota tersebut dilakukan pembagian jenis nyanyian solo dan akhirnya terbagi menjadi dua jenis yang pertama kalinya dan kemudian menjadi standar yaitu: 'Recitativo' dan 'Aria'bersamaan perkembangan opera yang tidak hanya Itali dan Roma. 

Gaya Recitativo

Gaya Recitativo dimaksudkan percakapan yang disampaikan lebih lancar dan realistis, sehingga Gaya Recitativo berasal dari Roma tidak bersifat melodis dengan dengan ucapan atau kata - kata yang cepat serta tidak berbentuk melodi, menggunakan iringan harmoni sederhana dan  continuo yang tipis. 

Gaya Aria

Berbentuk rangkaian melodi yang indah dan teks tidak lagi penting dibanding musik. Gaya Aria tersusun dengan berbagai cara salah satunya adalah bentuk Strofik. 

selain itu gaya Aria Lagunya dalam bentuk biner (dua bagian yang hampir sama dengan bagian kedua menjadi “jawaban” dari bagian pertanyaan dengan motif utama yang sama) dan lagunya dengan iringan bas ostinato. 

Dua tokoh yang berperan dalam perkembangan Opera di Roma diantaranya Landi dan Luigi Rossi. Kemudian opera berkembang di Venezia dengan sangat cepat. Francesco Manelli dan Benedetto Ferrari tokoh juga seorang pemusik asal Roma yang pertama kalinya membangun gedung opera yang dinamakan Teater San Cassiano.

Komponis Yang terkenla di Venezia adalah: 

- Monteverdi
- Francesco Cavalli 
- Marc Antonio Cesti.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel