Pengertian Seni Drama Dan Cakupan Seni Drama

Pengertian Seni Drama Dan Cakupan Seni Drama -  secara etimologi kata 'drama' berasal dari kata 'dramoi' yang dalam bahasa Yunani berarti bertindak, berbuat atau beraksi dilakukan diatas pentas. Seni drama mencakup berbagai bentuk seni pertunjukan yang kompleks seperti: 

- musik
- seni rupa
- seni peran
- seni sastra
- seni gerak dan juga melibatkan seni tari. 

Dialog drama menggunakan sastra sebagai bahan baku, dan yang membedakan antara seni drama dan seni lainya terletak pada seni peran. Dalam seni drama yang dilakukan adalah pemain menirukan atau memerankan tokoh dengan meniru gerak - gerik dan watak dalam hidup keseharianya. 

Sedangkan ciri khas drama adalah imitasi realitas kehidupan. Penerapan seni rupa dalam seni drama yaitu busana, properi dekorasi dan panggung. 

Penerapan seni musik dalam seni drama berfungsi sebagai penegas suasana atau pembentuk. Gerak simbolis merupakan pergantian gerak biasa dengan menerapkan seni tari, sebab gerak tari yang halus akan memperindah pertunjukan drama.

Di Indonesia dengan arti serupa mempunyai istilah sendiri yaitu Sandiwara. "Sandi dalam bahasa jawa berarti rahasia dan "wara" berarti ajaran (Sri Mangkunegoro VII). Jadi, sandiwara berarti pertunjukan yang berisi ajaran, pesan yang disamarkan. 

Maksud, baik drama, sandiwara maupun teater mempunyai tujuan yang sama dengan melelui adegan, mengankat cerita konflik, permasalahan hingga titik klimaks serta berakhir dengan penyelesaian. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...