Sejarah Art Nouveau (1819-1914) Gaya Desain

Sejarah Art Nouveau (1819-1914) Gaya Dan Desain - Gaya art nouveau menitikberatkan pada konsep metode produksi dan pemahaman kehidupan modern. Zaman ini juga dianggap sebagai pergerakan revolusioner batas - batas tegas antara seni murni dan seni pakai. 

Kreasi seniman pada zaman ini diharuskan berkreasai dengan mengedepankan seni arsitektur hingga furnitur design sebagai bagian dari kehidupan sehari - hari. Kehidupan yang manusia yang lebih indah sebagai bagian dari keindahan kehidupan keseharian.

Sejarah Art Nouveau (1819-1914) Gaya Desain

Perkembangan gaya De Strikl De Stijl (Belanda; 1920an) dan Sekolah Bauhaus di Jerman (1920an-1930an) di pengaruhi oleh gaya desain Art Nouveau. 

Nama Art Nouveau berasal dari nama toko milik  Siegfried Bing di Paris  'Maison de l’Art Nouveau' yang memamerkan benda mempunyai ciri desain aliran art Nouveau. 

Pada dasarnya Gaya Art Nouveau digunakan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mulai dari hal kecil sampai besar, seperti furnitur, alat makan perhiasan yang bergaya art nouveau dan masih banyak lagi. 

Kota - kota yang menjadi pusat gaya Art Nouveau di Eropa oleh para desainer Brussels, Nancy, dan Paris, dengan bantuan Victor Horta Henry Van de Velde. gaya art nouveau ini berkembanga secara aktif. 

Lain halnya di Inggris gaya Art Nouveau merupaakan perkembangan  dari Arts and Crafts Movement. 

Pertama kali Gaya Art Nouveau berkembang di Belgia dan menyebar ke Eropa hingga Amerika. Di beberapa negara gaya serupa ini berbeda nama, seperti: 

-Jugendstill di Jerman
- Vienna Seccesion di Austria
- Stile Liberty di Italia
- Modernista di Spanyol
-  Glassgow School di Inggris

Nama Jugendstill 'Jugend' berarti muda  Młoda Polska (gaya ‘Polandia muda’ ) di Polandia, or skønvirke di Denmark, dan Sezessionsstil (‘Secessionism’) di Vienna hal tersebut terkait dengan untuk mengadakanya pameran hasil karya para seniman atau desainer. 

Di Prancis Art Nouveau disebut dengan Styke Moderne. Perkembangan jenis seni rupa modern berkembang pesat pada abad ke 20 hal tersebut karena pengaruh dari pesatnya perkembangan teknologi serta pengaruh budaya baru dan sebagainya. 

Di Spanyol gaya ini dikenalkan oleh arsitektur modernisme yang berpusat di Barcelona dan praktisi penting pada zaman tersebut adalah Anton Gaudi. Perkembangan gaya ini menyebar ke Eropa Timur dan pusat Eropa oleh pengaruh dari Alfons Mucha di Prague dan Moravia. 

Sedangkan di Rusia menyebar ke media - media publik seni Magazine  Mir iskusstva (‘World of Art’) dan di Itali mulai didistribusikan oleh Stile Liberty adaah nama toko di London, Liberty & Co, hal itu dianggap sebagai aspek komersial. 

Gaya pada tahun 1890 sampai 1905, di Perancis salah satu gaya Art Nouveau ditemukan pada lukisan 'Roquetaillade castle'.

Exposition Universelle tahun 1900 di Paris dengan gaya modern sebagai tanda evolusi tertinggi gaya Art Nouveau. Pada akhir abad 19 Perkembangan Art Nouveau dengan banyak inovasi teknologi. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...