Sejarah Awal Penciptaan Dan Pengertian Seni Kriya Oleh Para Ahli

Sejarah Awal Penciptaan Dan Pengertian Seni Kriya Oleh Para Ahli - Seni kriya telah ada sejak zaman prasejarah dengan teknik penciptaan yang sederhana dan hampir tanpa terdapat unsur keindahan dengan memanfaatkan alam sekitar untuk media pembuatanya, misalnya : kapak genggam yang terbuat dari batu.

Benda kriya tersebut mulai banyak diproduksi setelah mengenal bercocok tanam dan hidup menetap. Benda kriya tersebut digunakan untuk keperluan hidup sehari - hari. Karya yang dihasilkan juga mulai ada perkembangan kapak yang terbuat dari batu dibuat lebih halus. 

Pembangunan rumah juga mulai dikuasai yang terbuat dari kayu dan bambu yang mengawali mulainya seni kerajinan kayu, batu, tanah liat, rotan dan sebagainya yang diwariskan secara turun temurun, seperti halnya kerajinan yang ada sekarang ini. 

Pengertian Seni Kriya Oleh Para Ahli : 

Sejarah Awal Penciptaan Dan Pengertian Seni Kriya Oleh Para Ahli

Dari tiga pengertian dan pendapat para ahli tersebut dapat diambil kata kunci dalam menjelaskan pengertian seni kriya, yaitu : kerja, pekerjaan, perbuatan dalam penciptaan karya seni dengan dukungan ketrampilan atau skill yang tinggi. 

Seni kriya termasuk seni rupa terapan (applied art)  yang juga disebut dengan "handycraft" yang berarti kerajinan tangan. Karya Seni rupa terapan diciptakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari dengan mengutamakan aspek keindahan dan fungsi praktis. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel