Sejarah Dan Perkembangan Marching Band

Sejarah Dan Perkembangan Marching Band - Marching band adalah kelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan kombinasi alat musik :
- tiup
- perkusi
- instrumen pit (instrumen perkusi)

Instrumen tersebut dimainkan secara bersamaan. Pertunjukan Marching band adalah Kombinasi antara musik dengan barisan dengan aksi formasi dan pola yang berubah - ubah, barisan dipimpin oleh satu atau dua orang komandan di lapangan terbuka atau tertutup. 

Formasi barisan yang dibentuk dalam marching band sesuai dengan alur koreografi terhadap lagu yang dimainkan yang diikuti dengan aksi penari pemain bendera. 

Sejarah Marching Band


Maching band barisan berawal sejak tradisi purba yang merupakan kegiatan oleh para musisi yang memainkan musik secara bersama - sama berjalan, fungsi kegiatan musik pada zaman itu digunakan iringan perayaan atau festival. 

Perkembangan marching band berevolusi menjadi lebih terstruktur seiring dengan perjalanan waktu dalam kemiliteran. Berawal dari inilah digunakan dasar orkes militer dimulai dan marching band barisan yang masih eksis hingga sekarang. 

Tradisi marching band dalam budaya orkes barisan masih dipertahankan meskipun marching band telah mengalami perkembangan sedemikian rupa mulai dari tata cara berjalan hingga pemberian instruksi pada umumnya masih beradaptasi dengan tradisi militer. 

Sedangkan perkembangan orkes di Indonesia adalah pengembangan lanjut dari drum band yang sebelumnya di bawah naungan isasi PDBI (singkatan dari "Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia") yang dibina oleh Menpora (singkatan dari "Menteri pemuda dan olahraga").

Pertunjukan Marching band merupakan kegiatan permainan musik serta visual yang berimbang juga memfokuskan penampilan. Sedangkan drum band adalah sebagai kegiatan olah raga. 

Perkembangan marching band di Indonesia memperbanyak variasi teknik permainan oleh grup corps di Amerika yang khusus pada instrumen perkusi yang membedakan secara penampilan antara orkes barisan dan penampilan drum band. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel