Sejarah Perkembangan Gaya Desain Grafis Victoran Beserta Tokoh Desainer Dan Ciri - Ciri Victorian

Sejarah Perkembangan Gaya Desain Grafis Victoran Beserta Tokoh Desainer Dan Ciri - Ciri Victorian  - Mulai sejak tahun 1820-an hingga tahun 1900 victorian berkembang di Amerika, Inggris dan sebagain besar di benua Eropa. Timbulnya gaya tersebut karena akibat revolusi industri.

Ornamentasi bentuk - bentuk bersejarah mulai diminati oleh masyarakat setekah peristiwa Pameran Raya tahun. Bentuk - bentuk gemuk cenderung digemari masyarakat karena menimbulkan efek yang menyenangkan mata.

Karya Poster pun mulai diciptakan oleh para perancang grafis pada waktu itu dan menolak standar tipografi renaissance. Poster yang mereka ciptakan justru merusak keanggunan typeface Bodoni dan Didot dari abad ke-18 dan membuat menjadi labar dan hitam. Peniruan tersebut adalah ciri khas dari era victorian yang dinamakan "Fat Face".

Revolusi industri yang meledak pada waktu itu berkembang pulalah kebutuhan manusia pada zaman itu, teknologi cetak mulai berkembang, serta muncul kebutuhan untuk mempromosikan dan menginformasikan sesuatu dari seseorang ke publik umum.

Selain berkembangnya kebutuhan teknik cetak juga berkembang kebutuhan dalam hal bidang marketing seperti mengedukasi pasar iklan, kemasan produk yang dipercantik dan menginformasikan secara massal sebagai Industrialisasi yang semakin maju dan kompleks.

Karya seni grafis gaya victorian terkesan datar dan natural, poster serta iklan pada zaman itu sebagian besar menggambarkan seseorang dengan posenya. Iklan yang ditampilkan alami serta biasa terjadi dilingkungan sekitar, contoh pose yang ekstrem misalnya menggunakan sudut pandang mata kodok sangat sulit diterima pada zaman ini.

Pada tahun 1870-an di Jerman dan Amerika melalui kemajuan teknologi membuat perubahan gaya victorian , antara lain:
- (chromolithography) cetak warna.
- Teknik (woodcut) dan typeface dengan serif/sirip serta huruf-huruf Gothic menjadi sebuah desain yang khas era ini.


Tokoh Desainer Gaya Victorian : 

  • Jean Alexis Rouchon
  • Sir John Millais
  • Richard Rummell
  • Grant Hamilton
  • Alfred Le Petit
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel